Simulasi dan Analisis Layanan VoIP pada Jaringan MPLS VPN PT. Telkom Jakarta

Hunian Ulinnuha

Informasi Dasar

111010260
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan internet yang sangat cepat dan juga berkembangnya aplikasi-aplikasi multimedia membutuhkan persyaratan Quality of Services (QoS) tertentu. Namun jaringan IP biasa tidak didesain untuk melewatkan layanan multimedia yang bersifat realtime. Teknologi MPLS hadir untuk memberikan perbaikan performansi tanpa mengorbankan skalabilitas dan perubahan infrastruktur secara signifikan. Teknologi MPLS memungkinkan paket berada dalam sistem dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan jaringan IP biasa, karena pada jaringan MPLS tiap paket diberi label yang kemudian digunakan sebagai informasi untuk proses switching menggantikan IP header pada proses routing. PT. Telkom, dalam hal ini bertindak sebagai penyedia layanan VoIP, turut menggunakan MPLS sebagai backbone jaringannya.
Dalam Tugas Akhir ini, jaringan existing PT. Telkom disimulasikan menggunakan software simulasi Network Simulator-2, dengan beban trafik yang berbeda-beda untuk mengetahui performansi jaringan. Simulasi ini menggunakan VoIP sebagai media monitoring dengan codec G.729. Dalam simulasi ini juga dibandingkan performansi jaringan dengan menggunakan MPLS dan tanpa menggunakan MPLS. Adapun parameter yang diteliti adalah delay, jitter, packet loss dan throughput.
Dari hasil simulasi, terjadi penurunan performansi jaringan seiring dengan meningkatnya beban trafik, namun pada jaringan yang menggunakan MPLS penurunan performansi yang terjadi tidak se-signifikan pada jaringan non- MPLS. Atau dengan kata lain, jaringan MPLS memberikan peningkatan performansi, terutama pada delay dan throughput. Jaringan MPLS tersebut juga dioptimalisasi berdasarkan hasil dari simulasi yang telah dilakukan dengan merubah lebar link bandwidth menjadi lebih lebar, sehingga performansi jaringan lebih terjaga.Kata Kunci : -ABSTRACT: The fast development of internet and multimedia application require special Quality of Services requirements. But, TCP/IP network is not designed to transmit multimedia application which is realtime. MPLS technology comes to improve the QoS without significantly change the infrastructures and sacrificing the scalability of its network. MPLS technology will shortened the time when packets are in the system. It is because every packet is labelled which is used as information to switch the packet to the other routers. PT. Telkom, as one of biggest VoIP service providers, is using MPLS router as their backbone to support the whole network.
In this final project, the existing network of PT. Telkom is simulated using Network Simulation-2 with various load traffic which is could affect the performance of the network. This simulation uses VoIP as the monitoring media with G.729 codec. This simulation also compares the performance of the network using MPLS and without using MPLS. The parameters which are obtained are delay, jitter, packet loss, and throughput.
The results of the simulation show the descent of network performance when the load traffic are raising. But, when the network is using MPLS, the descent is as not as significant as the network without MPLS. In other words, MPLS network gives performance improvement, especially on delay and throughput. There are some optimalization based on the simulation results to maintain better performance of the network.Keyword: -

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Simulasi dan Analisis Layanan VoIP pada Jaringan MPLS VPN PT. Telkom Jakarta
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Hunian Ulinnuha
Perorangan
Asep Mulyana, Jauhari Tontowi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini