ANALISIS FINANCIAL DISTRESS DENGAN MENGGUNAKAN MOTODE ALTMAN Z-SCORE UNTUK MEMPREDIKSIKAN KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012)

Risco Christianto Syaiful Ondang

Informasi Dasar

14.04.763
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Masalah keuangan perusahaan merupakan salah satu faktor yang berdampak pada kebangkrutan perusahaan. Perusahaan yang mengalami kesulitan dalam pembayaran hutang jangka pendek atau dapat disebut sebagai masalah likuiditas memungkinkan perusahaan masuk dalam kondisi kesulitan keuangan atau financial distress. Untuk mengetahui kondisi tersebut maka dapat menggunakan metode Altman-Z-Score.Metode Altman Z-Score dapat menunjukkan kondisi dari suatu perusahaan apakah perusahaan tersebut berada dalam kondisi kesulitan keuangan atau tidakdan dapat juga digunakan sebagai peringatan awal agar perusahaan dapat terhindar dari kebangkrutan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dimana hanya mengukur kondisi masing-masing perusahaan tanpa mencari hubungan atau pengaruh perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Obyek penelitian yaitu perusahaan telekomunikasi di Indonesia yang dipilih melalui tahap purposive sampling atau sesuai dengan kriteria, yaitu perusahaan telekomunikasi yang go public dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia serta mempunyai audit laporan keuangan yang tersedia sebagai data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada keempat perusahaan yang mengalami masalah likuiditas masuk ke dalam kondisi keusulitan keuangan dan dapat mengarah pada kebangkrutan usaha yaitu pada perusahaan XL pada tahun 2008 dan 2009, kemudian pada perusahaan Indosat pada tahun 2009 sampai tahun 2011 selanjutnya pada perusahaan BTEL pada tahun 2009 sampai tahun 2012 dan yang terakhir pada perusahaan Smartfren pada tahun 2008 sampai 2012. Keempat perusahaan ini mengalami nilai working capital to total asset yang rata-rata negatif selama kurun lima tahun. kemudian untuk perusahaan BTEL dan Smartfren ditambah dengan rata-rata nilai retained earning to total asset serta nilai EBIT to total asset perusahaan yang negatif. Kata kunci : Altman Z-Score, Financial Distress, Kebangkrutan, Perusahaan Telekomunikasi.

Subjek

BANKRUPTCY
 

Katalog

ANALISIS FINANCIAL DISTRESS DENGAN MENGGUNAKAN MOTODE ALTMAN Z-SCORE UNTUK MEMPREDIKSIKAN KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012)
 
var.p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Risco Christianto Syaiful Ondang
Perorangan
Irni Yunita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini