ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL (STUDI PADA SAUNG ANGKLUNG UDJO BANDUNG JAWA BARAT 2014)

ELVI LILIANY BONAULI

Informasi Dasar

14.04.742
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

**   **Kehadiran _Social Entrepreneur _yang mampu melakukan perubahan sosial merupakan salah satu solusi nyata untuk mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, khususnya pengangguran serta kemiskinan. Tujuan utama kewirausahaan sosial bukanlah mencari profit, melainkan bagaimana mereka telah menciptakan nilai-nilai kewirausahaan sosial.

Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya membuat semua pelaku bisnis termasuk wirausaha sosial menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses bisnisnya. Dalam hal ini, Saung Angklung Udjo telah menerapkan teknologi informasi dan komunikasi agar dapat mengembangkan kewirausahaan sosialnya.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui nilai-nilai kewirausahaan sosial yang berkembang di Saung Angklung Udjo serta bagaimana penerapan teknologi informasi dan komunikasi pada Saung Angklung Udjo untuk mengembangkan kewirausahaan sosial.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi pasif dan wawancara. Teknik analisis yang dilakukan menggunakan teknik analisis data kualitatif.

Hasil pada penelitian ini menyatakan bahwa terdapat nilai-nilai kewirausahaan sosial yang berkembang di Saung Angklung Udjo, diantaranya adalah komitmen, visi, kepemimpinan, dan kreativitas. Selain itu, dari penelitian ini diketahui bahwa Saung Angklung Udjo menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam beberapa hal, yaitu untuk efektivitas dalam penyebaran informasi, untuk terjalinnya koneksi langsung dengan pelanggan, meningkatkan pendapatan, memberikan peluang dalam mendapatkan pasar baru, dan sebagai sarana bisnis terdepan.

Dari penelitian ini ditemukan bahwa penerapan teknologi informasi dan komunikasi dapat memberikan manfaat besar untuk mengembangkan kewirausahaan sosial, baik internal maupun eksternal. Maka dari itu, Saung Angklung Udjo secara bertahap melakukan pengembangan pada sistem teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan agar selalu dapat membantu proses kerja bisnis dan berpengaruh baik bagi _future sustainability _Saung Angklung Udjo.

 

Kata kunci: kewirausahaan sosial., nilai kewirausahaan sosial., teknologi informasi dan komunikasi.

 

 

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL (STUDI PADA SAUNG ANGKLUNG UDJO BANDUNG JAWA BARAT 2014)
 
72p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELVI LILIANY BONAULI
Perorangan
Eka Yuliana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini