PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA PRODUK TAPLUS MUDA BNI(Studi Pada BNI Cabang Fatmawati Kantor Layanan UPN Tahun 2013)

WINNY INDRIANA TISSANI

Informasi Dasar

14.04.258
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

     Sebagai produk tabungan dengan persyaratan mudah dan ringan, Taplus Muda merupakan produk tabungan yang cukup potensial di kalangan anak muda, terlebih karena masih banyak masyarakat muda Indonesia yang belum memiliki rekening tabungan di bank. Namun sayangnya peningkatan jumlah nasabah Taplus Muda belum sesuai dengan yang ditargetkan oleh Bank Negara Indonesia (BNI). Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara bauran pemasaran jasa dengan keputusan pembelian nasabah pada produk Taplus Muda di BNI Cabang Fatmawati Kantor Layanan UPN tahun 2013.
Berdasarkan jenis penelitian, penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kausalitas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik convenience sampling dan jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 100 orang nasabah Taplus Muda BNI Cabang Fatmawati Kantor Layanan UPN.
Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung pada produk Taplus Muda, hal ini dibuktikan dengan F_hitung>F_tabel, F_hitung sebesar 23,169 F_tabel sebesar 2,629 dan tingkat signifikan 0,00 (taraf signifikasi yang diterima ? = 5%). Namun berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial, subvariabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menabung pada produk Taplus Muda adalah subvariabel product, price, promotion, place, process dan physical evidence sedangkan subvariabel people tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian Taplus Muda. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran jasa mampu menerangkan keputusan menabung sebesar 0,638 atau 63,8%. Sisanya sebesar 36,2%, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitan ini, misalnya brand image, service quality.
Bank Negara Indonesia sebaiknya mempertahankan bauran pemasaran jasa yang telah dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas layanan dan juga memberikan inovasi agar nasabah lebih tertarik untuk melakukan keputusan menabung pada produk Taplus Muda.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran Jasa (Product, Price, Promotion, Place, People, Process, dan Physical Evidence), Keputusan Menabung.

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
SERVICE MARKETING

Katalog

PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA PRODUK TAPLUS MUDA BNI(Studi Pada BNI Cabang Fatmawati Kantor Layanan UPN Tahun 2013)
 
xiii, 143p.; il.: 29,5p + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WINNY INDRIANA TISSANI
Perorangan
R. Nurafni Rubiyanti
 

Penerbit

FKB, Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini