Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Melalui Penjualan Sebagai Variabel Antara (Studi Kasus Pada PT X dalam Bayan Group Periode 2008-2012)

Sabrina

Informasi Dasar

14.04.245
657.42
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan berkembangnya era perekonomian global pada perusahaan-perusahaan pertambangan di Indonesia, sehingga membuat perusahaan harus memiliki daya saing dan harga jual yang kompetitif untuk mempertahankan keberadaannya dalam suatu pasar dunia. Untuk dapat menciptakan harga jual yang kompetitif, penting bagi pihak manajemen dalam memberikan perhatian terhadap kualitas produknya dengan menerapkan program yang dinamakan biaya kualitas. Penerapan biaya kualitas dapat memberikan pengaruh besar terhadap kinerja keuangan perusahaan dalam jangka panjang melalui peningkatan penjualan produk berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya kualitas terhadap profitabilitas perusahaan melalui penjualan batu bara pada PT X periode 2008-2012. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kausalitas dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus pada perusahaan pertambangan PT X yang tergabung dalam Bayan Group periode 2008-2012. Adapun metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan menggunakan data primer dan sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalur (path analysis) dengan uji t, uji F, koefisien determinasi, serta menghitung pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung, dan pengaruh total. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji t diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh signifikan positif biaya kualitas terhadap penjualan, terdapat pengaruh signifikan negatif biaya kualitas terhadap profitabilitas, dan terdapat pengaruh signifikan positif penjualan terhadap profitabilitas. Uji F diperoleh hasil tidak terdapat pengaruh signifikan antara biaya kualitas dan penjualan secara simultan terhadap profitabilitas. Hasil koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 96,0% variabilitas biaya kualitas dijelaskan oleh variabel penjualan, dan R Square sebesar 93,1% variabilitas profitabilitas dijelaskan oleh biaya kualitas dan penjualan. Kemudian biaya kualitas mempunyai pengaruh langsung sebesar 4,406 terhadap profitabilitas, pengaruh tidak langsung sebesar 4,610, dan pengaruh total sebesar 9,016.

Kata kunci : Biaya Kualitas, Penjualan, Profitabilitas

Subjek

COST ACCOUNTING
TOTAL QUALITY MANAGEMENT, PROFITABILITY-FINANCIAL MANAGEMENT

Katalog

Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Melalui Penjualan Sebagai Variabel Antara (Studi Kasus Pada PT X dalam Bayan Group Periode 2008-2012)
 
xii, 99p.: il.; 29,5 cm. +Lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sabrina
Perorangan
Willy Sri Yuliandhari
 

Penerbit

FEB, Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini