ANALISIS HARGA SAHAM DAN RATA-RATA ABNORMAL RETURN SEBELUM DAN SESUDAH EX-DIVIDEND DATE (STUDI PADA EMITEN INDEKS KOMPAS-100)

Alvin Mulya Hidayati

Informasi Dasar

14.04.210
332.632 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indeks Kompas-100 merupakan suatu indeks saham dari 100 saham perusahaan publik yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Indeks Kompas-100 secara resmi diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia bekerjasama dengan surat kabar harian Kompas. Indeks yang terdiri dari 100 saham Perusahaan Tercatat yang dipilih berdasarkan pertimbangan likuiditas dan kapitalisasi pasar, dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Saham-saham yang terpilih untuk dimasukkan ke dalam Indeks Kompas-100 harus memiliki nilai likuiditas yang tinggi, nilai kapitalisasi pasar yang besar, serta merupakan saham-saham yang fundamental dan memiliki kinerja yang baik agar para pemegang saham tertarik untuk berinvestasi di suatu perusahaaan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui harga saham sebelum dan sesudah pengumuman pembagian dividend, dan apakah terdapat perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman pembagian dividen. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang secara konsisten berada pada Indeks Kompas-100 periode Februari 2009 – Januari 2014. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membuktikan apakah nilai investasi saham perlu diwaspadai ketika terjadinya pengumuman dividen ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 54 emiten yang diperoleh dengan menggunakan purposive sampling. Periode penelitian yang digunakan yaitu 31 hari yang terdiri dari 15 hari sebelum pengumuman pembagian dividen, sehari pada saat pengumuman pembagian dividen, dan 15 hari setelah pengumuman pembagian dividen. Penelitian ini menggunakan market adjusted model untuk mendapatkan nilai expected return. Sedangkan untuk pengujian hipotesis, digunakan paired sample t test. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap harga saham maupun rata-rata abnormal return antara 15 hari sebelum pengumuman pembagian dividen dan 15 hari sesudah pengumuman pembagian dividen.

Kata kunci: Dividen, Ex-dividend Date, Harga Saham, Rata-rapengumuman dividenta abnormal return

Subjek

STOCK PRICES
DIVIDEND POLICY

Katalog

ANALISIS HARGA SAHAM DAN RATA-RATA ABNORMAL RETURN SEBELUM DAN SESUDAH EX-DIVIDEND DATE (STUDI PADA EMITEN INDEKS KOMPAS-100)
 
51p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Alvin Mulya Hidayati
Perorangan
Muhammad Azhari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini