IMPLEMENTASI SIABDes TAXion UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN BERBASIS SAK EMKM DAN SIMPLIFIKASI PERHITUNGAN PPN SERTA PPH 21 PADA BUMDES PATANDANG, DESA CANGKUANG KULON, KECAMATAN DAYEUHKOLOT, KABUPATEN BANDUNG - WRAP Entrepreneurship

KRISNA APRILEO ISKANDAR PUTRA

Informasi Dasar

2 kali
24.04.3147
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan SIABDes TAXion guna meningkatkan kualitas laporan keuangan berbasis SAK EMKM serta simplifikasi perhitungan PPN dan PPh Pasal 21 di BUMDes Patandang, Desa Cangkuang Kulon, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Profil BUMDes Patandang mencakup visi, misi, struktur organisasi, strategi bisnis, dan aspek manajemen yang memberikan gambaran menyeluruh tentang operasional dan tantangan yang dihadapi.

Kajian teori utama meliputi konsep BUMDes, laporan keuangan, kualitas laporan keuangan, standar akuntansi, serta perpajakan. Teori-teori ini memberikan landasan penting bagi implementasi SIABDes TAXion untuk memastikan sistem yang diterapkan sesuai dengan standar yang berlaku.

Penelitian ini didukung oleh program WRAP Entrepreneurship melalui tahapan implementasi SIABDes TAXion yang melibatkan berbagai pihak untuk memastikan keberhasilan sistem. Proses ini mencakup pelatihan, sosialisasi, dan evaluasi untuk mendukung pengelola BUMDes dalam menggunakan sistem ini secara efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum implementasi SIABDes TAXion, BUMDes Patandang mengalami kesulitan dalam menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan standar yang berlaku.

Implementasi SIABDes TAXion berhasil meningkatkan kesadaran akan kualitas laporan keuangan berbasis SAK EMKM melalui SIABDes TAXion sebagai sistem penyusunan laporan keuangan yang dirancang secara user friendly serta menyediakan fitur perhitungan perpajakan yang dapat digunakan di masa mendatang oleh BUMDes Patandang.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan implementasi SIABDes TAXion memberikan dampak positif terhadap pengelolaan keuangan BUMDes Patandang dan dapat dijadikan model bagi BUMDes lainnya. Sistem ini membantu menyusun laporan keuangan berbasis SAK EMKM sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dan pihak ketiga terhadap kinerja BUMDes.

Kata kunci: SIABDes TAXion, SAK EMKM, PPN, PPh 21, BUMDes, laporan keuangan, perpajakan.

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

IMPLEMENTASI SIABDes TAXion UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN BERBASIS SAK EMKM DAN SIMPLIFIKASI PERHITUNGAN PPN SERTA PPH 21 PADA BUMDES PATANDANG, DESA CANGKUANG KULON, KECAMATAN DAYEUHKOLOT, KABUPATEN BANDUNG - WRAP Entrepreneurship
 
xii,55p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KRISNA APRILEO ISKANDAR PUTRA
Perorangan
Koenta Adji Koerniawan, Galuh Tresna Murti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EAI2P4 - IMPLEMENTASI PERPAJAKAN
  • EAI1L3 - PERPAJAKAN
  • ACH2F4 - SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini