PERANCANGAN SISTEM PEMANTAU KUALITAS UDARA DI KAWASAN INDUSTRI SIDOARJO - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SITI MADIATUZ ZURROH

Informasi Dasar

9 kali
24.04.2432
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Polusi udara merupakan suatu zat asing yang ada di udara, oleh karena itu zat tersebut dapat menyebabkan suatu komponen yang ada di udara menjadi tidak normal kembali. Pada kawasan industri di Kecamatan Taman Sidoarjo ini merupakan kawasan yang cukup banyak pabrik dan juga jalanan di daerah tersebut merupakan jalan alternatif dari semua kendaraan, mulai dari kendaraan kecil hingga kendaaran besar. Maka dari itu polusi udara sangat berdampak buruk pada kesehatan manusia yang dapat menyebabkan penyakit seperti gangguan pernapasan, jantung, kanker berbagai organ serta adanya hipertensi (tekanan darah tinggi).
Parameter yang akan diukur pada penelitian ini adalah CO, PM10, tekanan udara, suhu dan kelembapan. Dimana, senyawa gas CO (Karbon monoksida) umumnya berasal dari polusi kendaraan, pembakaran sampah yang kurang sempurna dan banyaknya industri yang berdiri di tempat tersebut. Dampak buruk apabila gas CO terlalu tinggi akan dapat menyebabkan kematian dan membahayakan untuk kesehatan pada jantung, otak dan paru-paru. Partikel debu (PM10) dapat menyebabkan dampak buruk pada kesehatan seperti adanya alergi, gangguan pernafasan dan kanker paru-paru. Tekanan udara semestinya tidak terlalu berpengaruh pada kesehatan manusia, apabila tekanan udara di wilayah tersebut dalam keadaan normal (1 atm). Suhu dan kelembapan merupakan suatu hal yang saling terhubung, dimana jika suhunya rendah maka kelembapan suatu tempat juga akan tinggi.
Perancangan sistem pemantau kualitas udara menggunakan Arduino ini merupakan sistem yang dibuat untuk memantau seberapa baik kualitas udara di daerah tersebut dengan dipantau melalui aplikasi Blynk. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah mengidentifikasi kebutuhan sistem parameter yang diukur dan mengidentifikasi komponen sistem, perancangan sistem, implementasi dan uji coba perancangan sistem. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, kinerja sistem pemantau kualitas udara telah berfungsi dengan apa yang diharapkan, yaitu dapat mendeteksi kualitas udara dengan parameter yang dibutuhkan dengan menggunakan NodeMCU ESP8266 agar ditampilkan pada LED Matrix. Kemudian data akan dikirim ke aplikasi Blynk yang terhubung dengan WiFi. Pada hari pertama menunjukkan hasil kategori berbahaya menurut nilai ISPU, hari kedua menunjukkan hasil kategori berbahaya hingga tidak sehat, dan di hari ketiga menunjukkan hasil kategori yang tidak sehat hingga sangat tidak sehat.
 

 
 

Subjek

IOT
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PEMANTAU KUALITAS UDARA DI KAWASAN INDUSTRI SIDOARJO - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI MADIATUZ ZURROH
Perorangan
Nilla Rachmaningrum, Fannush Shofi Akbar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi - Kampus Surabaya
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TEC3023 - MIKROKONTROLER DAN IOT
  • TEC4014 - TUGAS AKHIR II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini