PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, TEKANAN PEMEGANG SAHAM, LEVERAGE, DAN COST LEADERSHIP TERHADAP PENGUNGKAPAN EMISI KARBON (Studi Perusahaan Sektor Energi, Bahan Baku, dan Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022) - Dalam bentuk

SALMA LUTHFANIA PATRA

Informasi Dasar

14 kali
24.04.1925
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengungkapan emisi karbon merupakan salah satu praktik akuntabilitas kinerja lingkungan perusahaan kepada para pemangku kepentingan yang mencerminkan perusahaan memiliki Good Corporate Governance. Pengungkapan emisi karbon mencakup informasi mengenai strategi perubahan iklim dan kuantitas emisi karbon yang dihasilkan perusahaan sebagai langkah mewujudkan Net Zero Emission (NZE). Pengungkapan emisi karbon dilakukan sebagai wujud komitmen global dalam Konvensi Perubahan Iklim dan Protokol Kyoto. Adanya pengungkapan emisi karbon yang dilakukan perusahaan mencerminkan kepatuhannya atas regulasi pemerintah sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 51/POJK.03/2017 mengenai pengungkapan lingkungan pada laporan keberlanjutan. Namun demikian, masih terdapat perusahaan yang belum memiliki kesadaran dalam mengatasi isu karbonnya dengan tidak bersikap transparan atau tidak memitigasi karbon dengan maksimal sehingga tidak mengungkapkan secara lengkap pengungkapan aspek informasi emisi karbonnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan emisi karbon, yaitu ukuran perusahaan, tekanan pemegang saham, leverage, dan cost leadership. Peneliti melakukan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi data panel dengan teknologi software Eviews 12. Objek penelitian yang digunakan, yaitu perusahaan publik sektor energi, bahan baku, dan konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2022.
Peneliti menggunakan data sekunder dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 38 perusahaan atau 152 data observasi sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan cost leadership berpengaruh positif terhadap pengungkapan emisi karbon. Disamping itu, leverage berpengaruh negatif terhadap pengungkapan emisi karbon. Kebaruan dalam penelitian ini, yaitu penggunaan cost leadership sebagai faktor penentu pengungkapan emisi karbon.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk peneliti selanjutnya dan dapat diteliti kembali dengan perluasan sampel serta variabel independen pada objek perusahaan lainnya.

Kata kunci: cost leadership, leverage, pengungkapan emisi karbon, tekanan pemegang saham dan ukuran perusahaan

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, TEKANAN PEMEGANG SAHAM, LEVERAGE, DAN COST LEADERSHIP TERHADAP PENGUNGKAPAN EMISI KARBON (Studi Perusahaan Sektor Energi, Bahan Baku, dan Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022) - Dalam bentuk
 
xiv;134p;ill;pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALMA LUTHFANIA PATRA
Perorangan
Majidah, Cahyaningsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SA331052 - GOOD CORPORATE GOVERNANCE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini