Cloud Computing: Panduan Implementasi Cloud Computing Menggunakan Amazon Web Service

Nuruddin Wiranda

Informasi Dasar

12 kali
24.01.573
004.6782
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
1

Cloud Computing Panduan Implementasi Cloud Computing Menggunakan Amazon Web Services

Ketika Anda bepergian ke luar kota menggunakan bus, Anda terlebih dahulu mengambil tiket yang berisi tujuan keberangkatan dan nomor kursi. Kemudian Anda duduk di kursi bus sesuai dengan tiket sampai tiba di tujuan. Demikian juga penumpang lainnya, mereka mengambil tiket dan bepergian menggunakan busa yang sama dengan Anda, tetapi duduk di kursi yang berbeda atau bahkan memiliki tujuan keberangkatan yang berbeda pula. Di dalam bus tersebut tersedia berbagai pilihan fasilitas yang dapat digunakan. Ketika Anda berhenti, Anda turun dari bus sambil berterima kasih kepada pengemudi.

Cloud computing layaknya bus yang membawa beragam data dan informasi digital. Pada buku ini Anda akan mempelajari teori dan implementasi cloud computing dengan Amazon Web Services (AWS). Buku ini terdiri dari dua bagian, yaitu pengantar cloud computing dan implementasinya menggunakan AWS.

Cloud computing merupakan layanan komputasi, penyimpanan, dan pengaksesan data melalui internet. Komputasi awan tidak menyimpan data apa pun di komputer pribadi Anda karena penyedia layanan cloud computing sudah menyediakan peralatan komputer seperti server, penyimpanan data, jaringan, database, dan lain-lain. Tujuan utama komputasi awan adalah untuk memberikan akses ke pusat data kepada banyak pengguna.

Peningkatan penggunaan komputer dan seluler mengakibatkan penyimpanan data menjadi hal yang utama di berbagai bidang. Mulai dari bisnis berskala kecil hingga bisnis berskala besar, melakukan penambahan data seiring dengan perkembangan bisnisnya. Hal ini membutuhkan dukungan teknologi yang kuat dan pusat penyimpanan data yang andal.

Oleh karena itu, dalam pemeliharaan data tersebut akan menghabiskan banyak dana. Tidak semua pelaku bisnis mampu menyiapkan infrastruktur TI internal dan layanan pendukung cadangan yang biayanya relatif mahal. Oleh karena itu, bagi pelaku bisnis, cloud computing dapat menjadi solusi alternatif yang terjangkau, serta dapat meningkatkan efisiensi menyimpan data, komputasi, dan biaya.

004.6782 WIR c

Subjek

CLOUD COMPUTING
 

Katalog

Cloud Computing: Panduan Implementasi Cloud Computing Menggunakan Amazon Web Service
9786230136252
196p.;xxiiiil.;23cm
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Nuruddin Wiranda
Perorangan
 
 

Penerbit

Andi
Yogyakarta
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini