PENGARUH FEE AUDIT, AUDIT DELAY, DAN UKURAN PERUSAHAAN KLIEN TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Perindustrian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AFGHAN ADILLAH AZZAM

Informasi Dasar

12 kali
24.04.1414
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kualitas audit adalah totalitas jasa auditor yang penting untuk menemukan pelanggaran, memperbaiki laporan keuangan, dan memastikan informasi akuntansi yang akurat. Auditor independen yang kompeten harus mencegah penurunan kualitas audit untuk mempertahankan reputasi yang baik oleh klien dan kualitas audit yang tinggi yang dihasilkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fee audit, audit delay, dan ukuran perusahaan klien terhadap kualitas audit pada perusahaan sektor Perindustrian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2022.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis data sekunder dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 26 untuk melakukan uji hipotesis penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 37 perusahaan atau 185 data dengan menggunakan purposive sampling pada perusahaan perindustrian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Total data setelah pengeluaran outlier yaitu sebesar 170 data. Penelitian ini di-analisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi logistik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fee audit, audit delay, dan ukuran perusahaan klien berpengaruh terhadap kualitas audit. Selain itu, fee audit dan ukuran perusahaan klien berpengaruh positif terhadap kualitas audit. Hal ini berarti semakin besar ukuran perusahaan klien dan fee audit yang dikeluarkan, maka semakin tinggi kualitas audit yang dihasilkan oleh auditor. Sedangkan audit delay tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Hal ini berarti keterlambatan penyampaian merupakan tanggung jawab perusahaan dan tidak berpengaruh terhadap kualitas audit yang dihasilkan auditor.

Kontribusi pada penelitian ini yaitu fee audit dan ukuran perusahaan klien secara positif menjadi faktor penentu kualitas audit pada perusahaan sektor perindustriam. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat merubah variabel independen yang tidak berpengaruh terhadap kualitas audit dengan proksi, periode dan objek penelitian yang berbeda. Saran penelitian ini yaitu agar perusahaan terus mengembangkan kemampuan bisnis dan kinerja dalam pelaporan keuangan agar kualitas audit yang dihasilkan tetap tinggi dan baik.
Kata Kunci: Kualitas Audit, Fee Audit, Audit Delay, Ukuran Perusahaan Klien

 

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH FEE AUDIT, AUDIT DELAY, DAN UKURAN PERUSAHAAN KLIEN TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Perindustrian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AFGHAN ADILLAH AZZAM
Perorangan
Ajeng Luthfiyatul Farida
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SA515013 - AUDITING 1
  • SA615023 - AUDITING 2
  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini