PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi kasus perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (IDX IC) periode 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AILSA RAMADHANI LIKVI PUTRI

Informasi Dasar

13 kali
24.04.1410
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kinerja keuangan merupakan suatu gambaran yang menunjukkan keberhasilan dan kemampuan perusahaan dalam mengelola aset-aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu memperoleh laba semaksimal mungkin, dengan mematuhi peraturan keuangan yang baik dan tepat. Berdasarkan laba yang diperoleh, perusahaan dapat memprediksi prospek yang positif untuk kinerja perusahaan di masa depan. Dengan melihat laba bersih, pemangku kepentingan dapat melihat seberapa baik kondisi keuangan perusahaan tersebut. Kinerja keuangan dalam penlitian ini diukur menggunakan indikator Return on Asset (ROA).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja lingkungan, pertumbuhan penjualan, dan struktur modal terhadap kinerja keuangan. Objek penelitian ini adalah perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (IDX IC) periode 2018-2022. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu metode purposive sampling, dan diperoleh 11 perusahaan atau 55 data observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan sumber data yang berasal dari laporan keuangan yang telah diaudit dan dipublikasikan di situs web Bursa Efek Indonesia dan situs web resmi perusahaan. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi data panel dengan dibantu software Eviews 12.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel kinerja lingkungan, pertumbuhan penjualan, dan struktur modal berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Dan secara parsial menunjukkan hanya pertumbuhan penjualan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Keterbatasan penelitian ini ditunjukkan dengan Adjusted R-squared sebesar 17,07%, sehingga masih banyak faktor lain yang dapat digunakan oleh penelitian berikutnya untuk diteliti lebih lanjut. Perusahaan dapat meningkatkan kinerja keuangan dan pertumbuhan bisnis dengan meningkatkan pertumbuhan penjualan, karena kinerja keuangan yang diperoleh perusahaan akan meningkat seiring dengan pertumbuhan penjualan. Penting untuk investor agar memperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan. Kinerja keuangan yang baik dapat ditunjukkan oleh pertumbuhan penjualan yang stabil dan konsisten. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, investor dapat membuat keputusan investasi yang lebih baik dan meningkatkan peluang mendapatkan keuntungan dari investasi.

Subjek

FINANCIAL ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi kasus perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (IDX IC) periode 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AILSA RAMADHANI LIKVI PUTRI
Perorangan
Deannes Isynuwardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini