ANALISIS DAN PEMODELAN PROSES BISNIS MAKE-TO-STOCK MENGGUNAKAN BPM (BUSINESS PROCESS MANAGEMENT) (STUDI KASUS: NESTLE SURABAYA DC)

INSANI SABILILLAH

Informasi Dasar

24.04.853
001
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nestle Surabaya DC merupakan salah satu cabang Distribution Center dari PT NESTLE INDONESIA yang berada di Kalianak, Surabaya. Pada Nestle Surabaya DC terdapat permasalahan dalam pemenuhan stok, yaitu terjadinya kelebihan ataupun kekurangan stok. Untuk mengatasi permasalahan banyaknya stok yang berlebih ataupun kurang, pendekatan Business Process Management (BPM) berfungsi memetakan proses bisnis as-is dan model to-be. BPM adalah salah satu pendekatan dalam manajemen yang berfokus pada optimasi proses yangdijalankan oleh perusahaan, yang membantu perusahaan dalam mengidentifikasi nilai dan tujuan setiap proses. Model proses as-is untuk menentukan sumber masalah dari sisi banyaknya stok. Model to-be me-redesain proses bisnis untuk menentukan sumber masalah dari sisi kurangnya stok yang ada. Analisis kualitatif dilakukan untuk setiap usulan redesign dengan melakukan simulasi. Simulasi proses model to-be bertujuan untuk melihat kinerja proses bisnis dan membandingkannya dengan model proses bisnis as-is. Hasil dari analisis tersebut akan menjadi usulan kepada

Nestle Surabaya DC dalam melakukan peningkatan proses bisnis sehingga Make- to-Stock (MTS) dapat terpenuhi secara tepat. Proses bisnis di Nestle Surabaya DC

adalah MTS dimana produk yang telah dibuat akan dikirimkan ke gudang cabang. MTS adalah terarah pada pengisian kembali persediaan, dimana menentukan persediaan berdasarkan pada estimasi penjualan. Urutan proses bisnis yang dilakukan yaitu melihat estimasi/angka penjualan, memproduksi produk yang dilihat dari demand customer, dan menambahkan safety stock untuk antisipasi dari produksi yang dilakukan. Berdasarkan penelitian ini manfaat yang didapatkan berupa memberikan acuan bagi Nestle Surabaya DC dalam memenuhi kebutuhan stok agar tidak terjadi kekurangan ataupun kelebihan stok dalam setiap produksi. Hasil yang diharapkan pada penelitian ini nantinya berupa sebuah simulasi proses bisnis sebagai acuan bagi Nestle Surabaya DC dalam memenuhi kebutuhan stok agar tidak terjadi kekurangan ataupun kelebihan stok dalam setiap produksi.

Kata Kunci: Business Process Management (BPM), Pemodelan, Make-to- Stock (MTS), Nestle Surabaya DC, Simulasi

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

ANALISIS DAN PEMODELAN PROSES BISNIS MAKE-TO-STOCK MENGGUNAKAN BPM (BUSINESS PROCESS MANAGEMENT) (STUDI KASUS: NESTLE SURABAYA DC)
TA/FRI.08.2024/99 SAB a
67p
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

INSANI SABILILLAH
Perorangan
Hawwin Mardhiana, S.Kom., M.Kom., Alifiansyah Arrizqy Hidayat, S.Kom., M.Kom.
 

Penerbit

Tel-U Surabaya
Surabaya
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini