Peramalan Deret Waktu Dengan Metode GRU Dengan Perhatian, Studi Case di Teluk Jakarta, Indonesia - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AULIA ALIEF RACHMANDA

Informasi Dasar

24.04.770
001.422 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Prediksi gelombang laut memiliki peranan penting karena berbagai sektor sangat bergantung pada informasi ini, seperti sektor bisnis, aktivitas penangkapan ikan harian, transportasi, dan generasi energi. Banyak penelitian telah melakukan prediksi tentang gelombang laut menggunakan metode statistik, pembelajaran mesin konvensional, dan jaringan saraf tiruan canggih. Namun, karena adanya batasan tertentu, seperti metode statistik yang memiliki keterbatasan dalam kemampuannya untuk menangkap data yang tidak stasioner dan non-linear; model canggih diperlukan untuk menggambarkan dengan akurat perilaku non-linear dari data gelombang.

Studi ini menggunakan model pembelajaran mendalam, yaitu untuk melakukan prediksi tinggi gelombang signifikan menggunakan GRU dengan mekanisme Attention. Mekanisme Attention ditambahkan untuk meningkatkan akurasi prediksi, karena dapat mengingat data mana yang secara signifikan memengaruhi prediksi data masa depan. Sebagai studi kasus, kami memilih wilayah di Laut Jawa, Indonesia, yaitu Teluk Jakarta. Kami menggunakan data gelombang per jam yang dikumpulkan dari ERA5, dalam periode Januari 2018 hingga Desember 2020. Selain GRU dengan Attention, kami juga membandingkannya dengan model GRU dan LSTM asli.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan mekanisme Attention dalam GRU memberikan kinerja terbaik dibandingkan dengan GRU asli dan LSTM. GRU dengan Attention menghasilkan RMSE dan MAPE sebesar 0,013 dan 0,023, sedangkan GRU asli memberikan 0,013 dan 0,023, dan LSTM asli memberikan 0,018 dan 0,041, secara berturut-turut.

Subjek

FORECASTING
 

Katalog

Peramalan Deret Waktu Dengan Metode GRU Dengan Perhatian, Studi Case di Teluk Jakarta, Indonesia - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
INDONSEIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA ALIEF RACHMANDA
Perorangan
Didit Adytia
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini