Analisis Jaringan Kebutuhan Kompleks Stakeholder Untuk Service Ecosystem Sustainability (Studi Kasus: Industri Konstruksi PLTS Atap di Indonesia) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

M FARHAN CHAIRAHMAN

Informasi Dasar

24.05.030
621.385 1
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Industri konstruksi di Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Termasuk di dalamnya adalah kontruksi PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). Data menunjukkan pembangunan PLTS di Indonesia jauh dari target target RUEN (Rencana Umum Energi Negara) yang ditentukan oleh pemerintah. Banyaknya masalah yang dialami oleh stakeholder yang ada di dalam ekosistem ini mempengaruhi sustainability industri PLTS Atap. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kebutuhan kompleks stakeholder yang dapat mempengaruhi keberlangsungan eksositem (Ecosystem Sustainability) industri konstruksi PLTS Atap di Indonesia dengan menggunakan analisis jaringan Social Network Analysis (SNA).

Penelitian ini menggunakan perangkat lunak UCINET6 untuk melakukan visualisasi model jaringan stakeholder yang ada di dalam ekosistem dan perhitungan metrik centrality nilai dominansi stakeholder dan kebutuhannya. Kebutuhan stakeholder dan kesulitan yang dialami stakeholder dianalisis dari hasil data pengolahan analisis jaringan. Penelitian ini menunjukkan efektifitas penggunaan SNA dalam industri konstruksi PLTS Atap di Indonesia.

Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan stakeholder yang membentuk industri, kami mengidentifikasi kebutuhan dan permasalahan stakeholder yang berdampak pada pertumbuhan industri. Hasil dari penelitian ini adalah peta ekosistem industri konstruksi PLTS Atap di Indonesia, struktur kebutuhan stakeholder, analisis kebutuhan stakeholder, dan sebuah pemahaman tentang bagaimana pendekatan terhadap masalah kompleks sosioteknik yang diamati dalam ekosistem untuk konfigurasi jaringan yang sustainable.

Subjek

BUSINESS STRATEGY-MANAGEMENT
NETWORK ANALYSIS,

Katalog

Analisis Jaringan Kebutuhan Kompleks Stakeholder Untuk Service Ecosystem Sustainability (Studi Kasus: Industri Konstruksi PLTS Atap di Indonesia) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M FARHAN CHAIRAHMAN
Perorangan
Astri Ghina, Muhammad Awaluddin
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EMI1F3 - MANAJEMEN STRATEGI DAN EKOSISTEM BISNIS
  • MMFB53 - MANAJEMEN STRATEGI DAN EKOSISTEM BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini