Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna E-Commerce Bukalapak - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMAD AFIF

Informasi Dasar

24.04.077
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi di Indonesia, telah mengubah pola konsumsi Masyarakat. Situs belanja online, seperti Bukalapak, menjadi alternatif utama bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka secara efektif. Pada tahun 2021 Bukalapak pernah menduduki peringkat 4 dalam jumlah kunjungan e-commerce, namun Bukalapak mengalamai penurunan peringkat dan jumlah kunjungan situs pada tahun 2023. Saat e-commerce lain memperoleh kenaikan jumlah kunjungan e-commerce, Bukalapak mengalami penurunan jumlah kunjungan.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna baik secara parsial, maupun secara simultan di Bukalapak.
Populasi dalam penelitian ini adalah individu yang pernah menggunakan dan bertransaksi di Bukalapak dengan minimal usia responden 17 tahun. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 orang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory dan telah melalui serangkain pengujian yang meliputi uji validitas, realibilitas, regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis yang terbagi menjadi uji t, uji f dan koefisien determinasi (R2) yang mengungkapkan adanya pengaruh positif kualitas layanan dan kualitas informasi secara parsial dan berpengaruh secara positif secara simultan diantara keempat variabel tersebut. Berdasarkan analisis regresi linear berganda, penelitian ini memperoleh persamaan Y= 2354 + 0.257X1 + 0.072X2 + 0.336X3. pada uji koefisien determinasi (R2) merepresentasikan bahwa kualitas layanan, kualitas sistem dan kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sebesar 66,3%, sedangkan 33,7% lainnya dipengaruhi faktor lain.
Setelah dilakukan penelitian, adapun saran yang diberikan agar Bukalapak terus meningkatkan kualitas layanan dengan meningkatkan keamanan transaksi pelanggan, meningkatkan kualitas informasi dengan menyajikan tampilan informasi yang lebih baik, memberikan promo dengan kategori yang dibutuhkan perempuan pada umumnya, serta mempertahankan dan meningkatkan kualitas sistemnya secara konsisten.

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
SERVICE QUALITY-SERVICE MARKETING,

Katalog

Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna E-Commerce Bukalapak - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD AFIF
Perorangan
R Amalina Dewi Kumalasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KBI1H3 - PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini