VALIDASI MODEL BISNIS INOVASI PRODUK DAN LAYANAN BERBASIS DIGITALISASI PADA AKTIFITAS UTAMA USAHA (Studi Kasus di Usaha Mikro “Buwah”) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUHAMMAD HASBI JUPAMA

Informasi Dasar

24.05.016
338.04
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Sektor UMKM dibidang minuman kekinian merupakan industri di gemari oleh pebisnis milenial sekarang ini. Menurut Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, sektor industri kreatif dapat berpotensi menghasilkan pertumbuhan nasional bagi pelaku usaha di Indonesia. Permasalahan yang dialami oleh UMKM Buwah sekarang adalah penurunan omset yang drastis dalam 2 bulan terakhir padahal di awal pembukaan outlet penjualan UMKM Buwah sangat menjanjikan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan model bisnis UMKM Buwah dengan metode validasi model bisnis, untuk mengetahui hipotesis dari model bisnis inovasi produk dan layanan dari UMKM Buwah yang dianggap prioritas untuk segera dilakukan validasi, dan untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis bedasarkan layanan digitalisasi pada aktivitas utama dari UMKM Buwah.

Validasi model bisnis merupakan rangkaian aktivitas terstruktur yang bertujuan untuk menilai validitas suatu gagasan bisnis dan mengukur kesesuaian produk dan layanan dengan keinginan konsumen. Validasi model bisnis menggunakan testing business idea yang terdiri dari hipotesis, peta asumsi, eksperimen yang menghasilkan test card dan learn card kemudian yang terakhir adalah keputusan.

Penelitian ini berjenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap awal penelitian ini adalah mencari Business Model Canvas dari UMKM Buwah yang sudah berjalan kemudian mencoba melakukan inovasi pada Business Model Canvas yang sudah ada kemudian di validasi menggunakan testing business idea untuk mengetahui kesesuaian produk dan jasa yang di inginkan pelanggan, dan hasil akhirnya akan mendapatkan strategi pengembangan dari usaha yang di teliti yaitu UMKM Buwah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat (4) blok Business Model Canvas yang fokus untuk di inovasikan kemudian dilakukan eksperimen dan sudah tervalidasi. Diantaranya adalah pada blok customer segment, Value Propositions, customer relationship, revenue streams. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan juga dirumuskan beberapa saran praktis yang dapat dipertimbangkan oleh UMKM Buwah untuk pengembangan usaha kedepannya.

Kata Kunci: Validasi Model Bisnis, UMKM, Entrepreneur

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
SERVICE MANAGEMENT-QUALITY,

Katalog

VALIDASI MODEL BISNIS INOVASI PRODUK DAN LAYANAN BERBASIS DIGITALISASI PADA AKTIFITAS UTAMA USAHA (Studi Kasus di Usaha Mikro “Buwah”) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD HASBI JUPAMA
Perorangan
Astri Ghina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen PJJ
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini