Manajemen Operasional

Mohammad Zainul

Informasi Dasar

13 kali
ITTS.0621000012
658.4013
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
19 B

Bagi perusahaan jenis apa pun, baik yang bergerak dalam manufaktur maupun jasa tentulah menyadari bahwa kelangsungan hidup perusahaan lebih penting dari pada sekedar laba yang besar. Sekalipun untuk dapat terus bertahan ( Going Concern ), perusahaan memerlukan keuntungan yang cukup. Selanjutnya untuk mendapatkan keuntungan tersebut, produk yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan serta kepuasan konsumen ( harga, kualitas, pelayanan, dsb. ). Salah satu ujung dari masalah ini adalah proses produksi yang harus baik dalam arti yang luas, agar output yang dihasilkan baik berupa barang atau jasa, dapat mendukung kelangsungan hidup perusahaan.

Penggunaan fungsi-fungsi manajemen (Planing, Organizing, Actuating, and Controling) sedemikian rupa dalam proses transformasi berbagai sumber daya perusahaan, guna menambah dan menghasilkan output yang lebih baik dan optimal. Istilah manajemen operasi muncul untuk memperluas pemahaman yang lebih luas tentang proses produksi, di mana proses produksi yang dibahas tidak hanya yang menghasilkan barang dan menimbulkan keuntungan saja, namun juga membahas proses produksi yang menghasilkan jasa dan atau tidak menghasilkan keuntungan.

Mengapa Manajemen Operasi penting ? Hal tersebut antara lain karena : 1. Sebagian besar aktiva perusahaan umumnya tertanam dalam aktivitas operasi/produksi, khususnya persediaan 2. Sebagian besar SDM, berada dalam departemen operasi/ produksi Kegiatan operasional perusahaan merupakan kegiatan utama perusahaan.

Buku ini terdiri dari tiga belas Bab. Pada Bab pertama hingga keempat gambaran umum manajemen operasi, ruang lingkup manajemen produksi, perencanaan produk baru dan pengembangan produk baru. Pada Bab kelima hingga kedelapan dipaparkan mengenai peramalan (forecasting), perancangan proses produksi, pola produksi dan perencanaan kapasitas dengan break event point, dan penjadwalan dan pengawasan proyek dengan pert. Pada Bab analisa kriteria investasi, layout pabrik, pemeliharaan fasilitas dan penanganan bahan serta manajemen persediaan.

Dalam buku ini penyusun mencoba menjelaskan konsepkonsep atau dalil-dalil dalam dunia manajemen operasional dengan menggunakan analisis grafis dan disertai analisis matematis. Tentu saja penjelasannya hanya secara singkat, tidak mendetail, karena seperti dikatakan di atas bahwa buku ini dimaksudkan sebagai pendukung bahan perkuliahan.

658.4013 ZAI m

Subjek

OPERATION MANAGEMENT
 

Katalog

Manajemen Operasional
9786230201486
x+100p ; 15.5x23cm
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Mohammad Zainul
Perorangan
 
 

Penerbit

Deepublish
Yogyakarta
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DBC21D3 - MANAJEMEN OPERASIONAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini