Kesehatan Lingkungan

Juli Soemirat

Informasi Dasar

ITTS.0719000021
613.5
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
11b

Kesehatan lingkungan merupakan salah satu usaha untuk menyehatkan masyarakat melalui pengelolaan lingkungan. Penilaian kesehatan masyarakat dapat dilakukan dengan menilai lingkungannya, karena kualitas lingkungan, yakni memenuhi baku mutu lingkungan, akan mencerminkan perilaku masyarakat .

Buku ini mengungkapkan betapa banyaknya usaha yang harus dilakukan untuk menyehatkan lingkungan dan masyarakat, sehingga mutlak memerlukan partisipasi total masyarakat. Keluarga sebagai unit terkecil masyarakat harus dapat menjadi pendidik perilaku utama dalam kesehatan lingkungan, karena perilaku masyarakatlah yang menentukan kualitasnya. Lingkungan yang terdiri atas air, udara, makanan/fauna-flora, tanah, dan lingkungan sosial merupakan sumber daya bagi kehidupan manusia, sehingga perlu dijaga kesehatannya. Penelitian terakhir menyatakan bahwa sumber daya kehidupan ini sudah rusak sebanyak 60% (akibat perilaku manusia terhadap lingkungan), sehingga bila tidak diambil tindakan, akan memusnahkan manusia sendiri .

Atas dasar uraian di atas, sistematika penulisan buku ini, bagi setiap lingkungan, dimulai dengan menguraikan apa yang diartikan dengan lingkungan air dan seterusnya, kemudian bagaimana manusia memanfaatkannya, dan berbagai konsekuensi dari pemanfaatan tersebut terhadap lingkungan dan akhirnya terhadap kesehatan manusia /masyarakat. Salah satu akibat yang penting adalah pencemaran serta berbagai penyakit, akibat pencemaran, atau bawaan lingkungan, yang diderita masyarakat. Pengertian sedemikian diperlukan agar masyarakat dapat memperbaiki lingkungan seutuhnya, dan mengelola perilakunya, demi untuk kehidupan yang sehat secara berkelanjutan di dunia ini.

613.5 SOE k

Subjek

LINGKUNGAN
 

Katalog

Kesehatan Lingkungan
9794207691
268hlm
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Juli Soemirat
Perorangan
 
 

Penerbit

Gadjah Mada University Press
Yogyakarta
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini