ANALISIS WORK LIFE BALANCE DI PT TUBAGUS TOP SENTRAL MANDIRI KAROSERI KARAWANG

MUHAMMAD DAFFA KURNIAWAN

Informasi Dasar

126 kali
23.04.4237
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Tubagus Top Sentral Mandiri Karoseri Karawang yang merupakan satu dari sekian banyak perusahaan di bidang manufaktur khususnya pada bidang karoseri pembuatan badan kendaraan komersial yang didirikan sejak tahun 1990 dengan nama Top Central, Karoseri Top Central. Beberapa karyawan bagian produksi pembuatan badan kendaraan memiliki masalah pada kehidupan pribadi yang membuat terganggunya kehidupan pribadi dan kehidupan pekerjaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Work Life Balance di PT Tubagus Top Sentral Mandiri Karoseri Karawang dan dimensi yang dihasilkan dari penerapan Work Life Balance.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan dan meringkaskan berbagai kondisi atau situasi yang berkaitan dengan analisis Work Life Balance yang kemudian berupaya menarik realitas itu ke permukaan sebagai suatu ciri, karakter, sifat, model, tanda atau gambaran mengenai kondisi objek penelitian tersebut. Data yang diperoleh untuk penelitian ini berasal dari wawancara dengan beberapa pihak terkait, observasi, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini, ditemukan dua dimensi Work Life Balance yang dominan yaitu Work Interference with Personal Life (WIPL) yang dimana ketidakseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan karyawan karena banyaknya pesanan pembuatan badan kendaraan. Kemudian dimensi Personal Life Enhancement with Work (PLEW) timbul karena karyawan dan pihak perusahaan saling membantu, memberikan dukungan, dan motivasi untuk bekerja lebih baik supaya kehidupan pribadi dan pekerjaan menjadi seimbang.

Penerapan Work Life Balance dikatakan baik, walaupun karyawan memiliki permasalahan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Izin cuti yang tidak terbatas durasinya dan menyediakan mess menjadi kompensasi untuk karyawan karena beratnya pekerjaan. Selain itu, untuk terciptanya rasa nyaman dalam bekerja, karyawan memaksimalkan waktu istirahat, menjaga pola makan, dan saling memberikan dukungan berupa motivasi bekerja.

Subjek

SUMBER DAYA MANUSIA
 

Katalog

ANALISIS WORK LIFE BALANCE DI PT TUBAGUS TOP SENTRAL MANDIRI KAROSERI KARAWANG
 
81p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD DAFFA KURNIAWAN
Perorangan
Hani Gita Ayuningtias
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • SM432103 - MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
  • SM331053 - PERILAKU ORGANISASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini