PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( Studi pada Rumah Makan Saung Gunung Jati Tasikmalaya Tahun 2013 )

ASTIE FUJIASTUTI.SR

Informasi Dasar

14.04.125
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Rumah Makan Saung Gunung Jati merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa tepatnya pada kuliner. Saung Gunung Jati dalam melayani konsumennya tidak terbatas hanya dalam kuliner saja, tetapi saat ini juga dijadikan sebagai sarana untuk berkumpul dan bersosialisasi. Kepuasan konsumen sangatlah penting bagi Rumah makan Saung Gunung Jati, salah satu cara yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen adalah bauran pemasaran. Menurut Zeithaml dan Bitner (2009:23) yang menyatakan bahwa marketing mix merupakan unsur-unsur pemasaran yang saling terkait, dibaurkan, diorganisir dan digunakan dengan tepat, sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran dengan efektif, sekaligus memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Menurut Alma (2011:5) kepuasan konsumen dapat dilihat dari setelah konsumen menggunakan jasa tersebut, seorang konsumen dinyatakan puas maka konsumen akan menggunakan jasa itu kembali, konsumen tidak pernah mengeluh, konsumen akan merekomendasikan jasa tersebut ke orang lain. Pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah kausal deskriptif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan teknik analisa data seperti analisa deskriptif, persentase hasil pengolahan data, Method of Successive Interval (MSI), analisis Regresi Linier Berganda, Uji Korelasi, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji f), koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel independen memiliki nilai yang baik sebesar 79,43% sementara itu kepuasan konsumen merasa puas dengai nilai 79,66%. Sehingga bauran pemasaran (marketing mix) berpengaruh kuat sebesar 0,519 terhadap kepuasan konsumen Rumah Makan Saung Gunung Jati. Pengaruh bauran pemasaran (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Saung Gunung Jatiditunjukan dengan nilai r2 = 0,269 yang berarti bahwa product, price, place, promotion, people, process, physical evidence menjelaskan 26,9% variabel kepuasan konsumen. Hasil yang dicapai belum 100% sehingga Rumah Makan Saung Gunung Jati harus meningkatkan bauran pemasaran agar konsumen lebih puas. Kata Kunci : Marketing Mix (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence)

Subjek

MARKETING MIX
CONSUMER SATISFACTION

Katalog

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( Studi pada Rumah Makan Saung Gunung Jati Tasikmalaya Tahun 2013 )
 
xv, 114p.: il.; 30cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASTIE FUJIASTUTI.SR
Perorangan
Sampurno Wibowo
 

Penerbit

TEBS Library & Knowledge Center, Administrasi Bisnis
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini