Komunikasi Lintas Budaya Dan Agama

Ujang Saefullah

Informasi Dasar

22.01.253
303.482
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
7a

Problem hubungan antaretnis dan antarumat beragama di seantero negeri dan di belahan dunia lain dari waktu ke waktu mengalami fluktuatif. Ada saatnya bersahabat, damai, dan tenteram, tetapi pada saat lain terkadang bersitegang dan bahkan tidak sedikit menimbulkan kerusuhan. Sebagaimana yang terjadi di Kota Sukabumi ketika penulis melakukan studi yang amat panjang tentang komunikasi lintas agama pada akhir 2007 sampai awal 2010-an.

Studi tersebut mengungkapkan beberapa faktor penyebab terganggunya hubungan antarumat beragama yaitu faktor internal dan eksternal. Peran tokoh agama sangat penting dalam mengatasi berbagai hambatan komunikasi antarumat beragama. Tokoh-tokoh agama perlu lihai menyusun dramaturgi sebagai reaksi terhadap keadaan sosial masyarakat. Oleh karena itu, tokoh-tokoh agama berupaya untuk merumuskan manajemen komunikasi secara optimal, baik manajemen melalui simbol verbal maupun nonverbal untuk umat agamanya dan juga untuk umat agama lain.

Dalam buku ini juga diuraikan adanya ketegangan antaretnis dan umat beragama yang disebabkan adanya persaingan dalam masalah penyebaran agama, pendidikan, ekonomi, dan politik. Bagaimana langkah-langkah untuk mengatasi persaingan tersebut? Dr. Ujang Saefullah M. Si. telah menjabarkannya secara jelas dalam buku ini.


Subjek

COMMUNICATION AND CULTURE
 

Katalog

Komunikasi Lintas Budaya Dan Agama
978-602-446-569-8
406p.: ill.; 23 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Ujang Saefullah
Perorangan
 
 

Penerbit

Rosda
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

  • KII2F3 - KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini