KOMPENSATOR EFEK DOPPLER BERKEMAMPUAN MIMO UNTUK FUTURE RAILWAY MOBILE COMMUNICATION SYSTEM (FRMCS) PADA KERETA CEPAT

NISA NOOR AMALIA

Informasi Dasar

21.04.4839
384.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Future railway mobile communication system (FRMCS) berbasis the fifth telecommunication generation new radio (5G NR) third generation partnership project (3GPP) TS 22.289 dan European telecommunication standard institute (ETSI) TR 103 459 dapat mendukung kereta yang beroperasi dengan kecepatan 500 km/h. FRMCS masih memiliki masalah Doppler shift karena adanya perubahan kanal dalam durasi satu simbol orthogonal frequency division multiplexing (OFDM) yang merusak tingkat orthogonalitasnya. Efek tersebut mengakibatkan kerusakan informasi untuk sistem komunikasi kereta cepat. Tugas Akhir ini mengusulkan Doppler spread compensator (DSC) yang memiliki dua fungsi sekaligus yaitu: (i) menghilangkan efek Doppler dan (ii) meningkatkan kualitas sinyal dengan menggunakan teknik multiple input multiple output (MIMO) yang terdiri atas dua array.

Evaluasi performansi dilakukan dengan menghitung bit error rate (BER) dan frame error rate (FER) terhadap signal to noise power ratio (SNR) dan terhadap normalized Doppler Spread ( fdTs) menggunakan serangkaian simulasi komputer. Tugas Akhir ini memberikan beberapa hasil utama, yaitu: (i) DSC yang diusulkan dapat menghilangkan efek Doppler secara signifikan, sehingga tidak ada lagi error-floor yang terjadi dan (ii) MIMO-DSC yang diusulkan dapat meningkatkan performansi dan menyediakan kapasitas yang lebih besar untuk aplikasi tambahan di masa mendatang. Hasil Tugas Akhir ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan kereta cepat.

Kata Kunci: Doppler Spread Compensator, Efek Doppler, Future Railway Mobile Communication System, Multiple Input Multiple Output

Subjek

WIRELESS COMMUNICATION
 

Katalog

KOMPENSATOR EFEK DOPPLER BERKEMAMPUAN MIMO UNTUK FUTURE RAILWAY MOBILE COMMUNICATION SYSTEM (FRMCS) PADA KERETA CEPAT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NISA NOOR AMALIA
Perorangan
Khoirul Anwar, Nachwan Mufti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini