IDENTIFIKASI TINGKAT RISIKO PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA ASET TEKNOLOGI DALAM BISNIS PROSES FULFILLMENT LAYANAN INDIHOME DI PT.TELKOM INDONESIA Tbk , MENGGUNAKAN FRAMEWORK ISO/IEC 27005 : 2011

NORAYANTI SIHOMBING

Informasi Dasar

21.04.3959
332.015 195
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen risiko merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengelola sebuah ancaman risiko yang terjadi pada sebuah perusahaan. Manajemen risiko berfungsi untuk menciptakan lingkungan pekerjaan yang aman dan terjamin bagi staff dan pelanggan, dan sebagai pelindung bagi perusahaan maupun lingkungan sekitarnya dari risiko atau kejadian yang merugikan Teknologi informasi saat ini sangat berperan penting dalam menunjang proses bisnis. Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi yaitu menjadikan informasi salah satu aset yang sangat penting dan sangat berharga bagi perusahaan, maka saat ini semakin besar keinginan orang untuk mendapatkan akses informasi dan mengendalikannya. Sehingga muncul ancaman dan risiko yang mungkin terjadi pada aset teknologi informasi.

Proses identifikasi tingkat risiko pada penggunaan teknologi informasi pada umumnya difokuskan pada pengukuran suatu ancaman. Telkom merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi. Telkom mengalami berbagai risiko dalam memberikan layanan, sehingga diperlukan suatu pendekatan untuk melakukan pengelolaan risiko secara memadai guna mempertahankan layanan bisnis dan operasional perusahaan.

Langkah-langkah proses identifikasi risiko dalam penelitian ini, mengacu kepada tahapan-tahapan dalam manajemen risiko berdasarkan ISO/IEC 27005:2011. Dimana dari penelitian yang dilakukan dapat ditemukan beberapa risiko pada aset-aset TI yang memiliki ancaman, dampak, dan penyebab terjadinya risiko tersebut. Dengan ditemukannya permasalahan tersebut maka peneliti mencoba memberikan perbaikan kontrol agar mengurangi munculnya risiko, yaitu dengan melakukan risk treatment dan mitigasi risiko sesuai dengan kontrol-kontrol yang sudah dipilih berdasarkan ISO/IEC 27002:2013. Hasil penelitian menyebutkan terdapat 15 Aset TI yang perlu diidentifikasi nilai aset, tingkat ancaman, dan kerentanan.

Kata Kunci : Manajemen Risiko, Teknologi Informasi, Aset, Identifikasi Risiko, ISO/IEC 27005 : 2011.

Subjek

RISK MANAGEMENT
 

Katalog

IDENTIFIKASI TINGKAT RISIKO PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA ASET TEKNOLOGI DALAM BISNIS PROSES FULFILLMENT LAYANAN INDIHOME DI PT.TELKOM INDONESIA Tbk , MENGGUNAKAN FRAMEWORK ISO/IEC 27005 : 2011
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NORAYANTI SIHOMBING
Perorangan
Rokhman Fauzi, Luthfi Ramadani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini