Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Pembelian Handphone dan Perhitungan Persediaan Menggunakan Metode FIFO (Studi Kasus di CV SG Cellular, Bandung)

AULIA RAHMANI

Informasi Dasar

21.06.496
657
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

CV SG Cellular merupakan sebuah perusahaan dagang yang didirikan sejak 2008 oleh Deni Ayi Margana yang berlokasi di Jalan Raya Banjaran Nomor 244 Kabupaten Bandung, Jawa Barat. CV SG Cellular merupakan perusahaan dagang yang bergerak pada bidang industri ponsel yang menjual berbagai merk handphone seperti OPPO, VIVO, Iphone, Xiomi, Realme, Samsung, Asus, Nokia, Honor, Lava, dan Ever Cross. Perusahaan ini memiliki 4 cabang yang berlokasi di Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Selain menjual handphone, CV SG Cellular juga merupakan supplier handphone di beberapa counter handphone yang berada di sekitar Banjaran, Soreang, dan Pangalengan sehingga hampir setiap hari CV SG Cellular melakukan transaksi pembelian handphone ke pabrik untuk mengisi stok handphone yang sudah habis. Namun selama ini CV SG Cellular tidak memiliki pencatatan akuntansi yang terstruktur mengenai pembelian dan penyusunan laporan akuntansi, pemilik CV SG Cellular hanya melakukan pencatatan sederhana setiap melakukan transaksi pembelian di buku khusus. Dari masalah tersebut maka dibuatlah sebuah aplikasi berbasis web untuk membantu pencatatan seluruh transaksi pembelian yang terjadi di CV SG Cellular. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode pengembangan model prototype, sistem dirancang menggunakan Unified Modeling Language (UML), bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP), dan database MySql. Dengan menggunakan aplikasi berbasis web ini maka pihak CV SG Cellular dapat dengan mudah mengelola transaksi pembelian, mengelola transaksi retur pembelian, melihat laporan pembelian, melihat laporan retur pembelian, serta melihat persediaan menggunakan metode FIFO untuk keperluan informasi mengenai transaksi yang terjadi di CV SG Cellular.

Kata Kunci: Pembelian, aplikasi berbasis web, PHP, MySql, FIFO

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Pembelian Handphone dan Perhitungan Persediaan Menggunakan Metode FIFO (Studi Kasus di CV SG Cellular, Bandung)
 
xi, 105p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA RAHMANI
Perorangan
Rochmawati, Marwanto Rahmatulloh
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Ilmu Terapan
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini