ANALISIS PENGUJIAN KERENTANAN SITUS LAYANAN TERPADU PEMERINTAHAN DAERAH XYZ MENGGUNAKAN PENETRATION TESTING EXECUTION STANDARD (PTES)

SHITA WIDYA NINGSIH NASIR

Informasi Dasar

21.04.3408
621.389 28
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pesatnya perkembangan teknologi sejalan dengan perkembangan aplikasi berbasis web, serta meningkatkan serangan keamanan dan berbagai teknik ancaman yang menyerang web. Kantor layanan terpadu pada pemerintah daerah XYZ telah menggunakan website untuk membantu salah satu proses bisnisnya. Oleh karena itu, diperlukan vulnerability assessment dan penetration testing untuk mengetahui celah keamanan pada website instansi pemerintah. Vulnerability Assessment adalah metode untuk mencari kerentanan keamanan yang ada pada sebuah website dan penetration testing adalah metode untuk menguji kerentanan keamanan pada sebuah website. Pada penelitian ini akan dilakukan vulnerability assessment dan penetration testing pada situs layanan terpadu pemerintahan daerah XYZ menggunakan standar PTES dengan beberapa tools yang digunakan yaitu OWASP ZAP, Acunetix, dan Paros pada Kali Linux. Hasil penilaian kerentanan yang diperoleh pada website layanan terpadu memiliki jenis kerentanan dan tingkat risiko yang berbeda-beda sesuai dengan tools yang digunakan. Pada pengujian yang dilakukan pada tool OWASP ZAP didapatkan kerentanan dengan tingkat risiko tinggi sebesar 10%. Tool Acunetix mendapat kerentanan dengan tingkat risiko tinggi 16.6%, dan tool Paros mendapat kerentanan dengan tingkat risiko tinggi 20%.

Subjek

WEB SECURITY
 

Katalog

ANALISIS PENGUJIAN KERENTANAN SITUS LAYANAN TERPADU PEMERINTAHAN DAERAH XYZ MENGGUNAKAN PENETRATION TESTING EXECUTION STANDARD (PTES)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHITA WIDYA NINGSIH NASIR
Perorangan
Ahmad Almaarif, Adityas Widjajarto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
 
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini