ANALISIS KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019)

IKA NUR AVINDA

Informasi Dasar

21.04.3099
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan merupakan pandangan investor terhadap sebuah perusahaan, nilai perusahaan sering dikaitkan dengan harga saham perusahaan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan, diantaranya adalah kinerja keuangan dan kebijakan dividen (pada penelitian ini kebijakan dividen digunakan sebagai variabel moderasi).

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh kinerja keuangan yang diproksikan dengan profitabilitas (ROA) dan leverage (DER) terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan PBV dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi yang diproksikan dengan DPR. Objek penelitian pada penelitian ini adalah perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2019. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Regresi Data Panel dan Moderate Regression Analysis (MRA). Pengujian hipotesis secara parsial dan simultan pada penelitian ini menggunakan Uji F dan Uji T. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 5 perusahaan sub sektor farmasi periode 2014-2019 (5 perusahaan x 6 tahun= 30 sampel).

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan kinerja keuangan yang diproksikan dengan profitabilitas (ROA) dan leverage (DER) secara simultan terhadap nilai perusahaaan baik sebelum ataupun setelah dimoderasi oleh kebijakan dividen, variabel profitabilitas (ROA) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel leverage (DER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel profitabilitas (ROA) secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan setelah dimoderasi oleh kebijakan dividen, variabel leverage (DER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan setelah dimoderasi oleh kebijakan dividen.

Peneliti selanjutnya dapat merubah proksi pada variabel nilai perusahaan, kinerja keuangan atau kebijakan dividen, selain itu peneliti selanjutnya dapat mengganti objek penelitian dengan menambahkan periode penelitian untuk melihat perkembangan nilai perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

ANALISIS KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IKA NUR AVINDA
Perorangan
SISKA PRIYANDANI YUDOWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini