PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, TOTAL ASSET TURNOVER, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

ADELLA YASMINE

Informasi Dasar

21.04.2912
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan laba dapat menunjukkan kemampuan suatu perusahaan dalam meningkatkan laba yang diperoleh dalam periode tertentu. Perusahaan dengan pertumbuhan laba yang baik akan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki kinerja serta keuangan yang baik sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Pertumbuhan laba sendiri merupakan salah satu informasi yang diperhatikan baik oleh investor maupun kreditor dalam pengambilan keputusan berinvestasi dan pemberian pinjaman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari Debt to Equity Ratio, Total Asset Turnover, dan Ukuran Perusahaan terhadap Pertumbuhan Laba perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2019. Teknik pemilihan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh 55 perusahaan dengan pengamatan selama empat tahun sehingga diperoleh 220 sampel yang diobservasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2016-2019. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 10. Berdasarkan hasil penelitian, variabel Debt to Equity Ratio, Total Asset Turnover, dan Ukuran Perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Laba. Secara parsial, Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap Pertumbuhan Laba. Sedangkan Total Asset Turnover dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan evaluasi bagi investor dalam pengambilan keputusan berinvestasi dengan melihat pertumbuhan laba perusahaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Selain itu, penelitian ini juga dapat dijadikan perusahaan sebagai arahan dalam meningkatkan pertumbuhan laba. Salah satu cara meningkatkannya yaitu dengan menurunkan nilai dari Debt to Equity Ratio. Kata Kunci: Debt to Equity Ratio, Pertumbuhan Laba, Total Asset Turnover, Ukuran Perusahaan

Subjek

FINANCIAL RATIOS-FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, TOTAL ASSET TURNOVER, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADELLA YASMINE
Perorangan
VAYA JULIANA DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini