KLASIFIKASI SINYAL ALFA BETA TERHADAP AKTIVITAS BERPIKIR SESEORANG SAAT MENGERJAKAN TES HAFALAN KATA MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

MUHAMMAD HILMI HAIDAR

Informasi Dasar

21.04.2072
621.38 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Otak merupakan organ vital pada manusia yang mampu memberikan respon si-nyal. Respon sinyal pada otak manusia bervariasi yang dipengaruhi oleh aktivitas fisik atau adanya stimulus. Otak juga m emiliki peranan dalam menentukan kon-sentrasi seseorang. Hal tersebut berpengaruh pada kemampuan seseorang dalam belajar. Oleh sebab itu, diperlukan stimulus yang mampu mempengaruhi respon otak seseorang. Mendengarkan musik relaksasi adalah salah satu metode yang da-pat dilakukan untuk mempengaruhi respon otak seseorang. Pada penelitian dilakukan klasifikasi trhadap respon sinyal otak manusia dengan alat EEG pada mendengarkan dan tidak mendengarkan musik relaksasi. Metode ekstraksi ciri yang digunakan ialah Discrete Wavelet Transform (DWT) yang berfungsi untuk menguraikan suatu sinyal yang diberikan menjadi suatu himpunan, himpunan tersebut adalah deret waktu dari koefisien yang menggambarkan peru-bahan waktu sinyal dalam frekuensi yang sesuai. DWT dapat mengekstraksiisinyal terhadappgelombanggyanggdipakai yaitu alphaadan betaauntuk mendapatkan suatu ciri dari DWT yang akan mempengaruhi tahap selanjutnya yaitu proses klasifikasi menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Pada penelitian ini responden yang digunakan adalah 10 dan dibagi menjadi 7 data latih dan 3 data uji berdasarkan 2 stimulus yang berbeda, alat yang digunakan agar mendapatkan data yaitu NeuroSky MindWave. Hasil pada penelitian ini telah dapat menunjukkan bentuk sinyal alpha dan beta tiap responden, pengujian terhadap data uji didapatkan akurasi terbaik yaitu sebesar 83,33% dengan parameter tipe Kernel Polynomial dan Linear level DWT=4 dan tipe DWT=db3. Kata Kunci : Elektroensephalogram, Discrete Wavelet Transform, Support Vector Machine, Gelombang Alpha, Gelombang Beta, Test Hafalan Kata, Musik Relaksasi iv

Subjek

SIGNAL - PROCESSING
Machine - learning,

Katalog

KLASIFIKASI SINYAL ALFA BETA TERHADAP AKTIVITAS BERPIKIR SESEORANG SAAT MENGERJAKAN TES HAFALAN KATA MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD HILMI HAIDAR
Perorangan
Jangkung Raharjo, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini