Aplikasi Manajemen Persediaan Menggunakan Pendekatan Analisis ABC (Studi Kasus : Kantor Cabang PT. Istana Surya Perkasa, Tangerang)

SITI ELFIRA DERRY MATHAUSYA

Informasi Dasar

21.06.104
657.028 5
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

PT. Istana Surya Perkasa Kantor Cabang merupakan perusahaan dagang yang bergerak di bidang mesin dan sparepart untuk bidang perkebunan, pertanian, dan perikanan. Kantor Cabang dari PT. Istana Surya Perkasa beralamatkan di Komplek Pergudangan 8 Blok OU/OV,Tangerang. PT. Istana Surya Perkasa Kantor Cabang merupakan tempat inventory. Mengklasifikasikan item-item persediaan barang yang habis pakai merupakan salah satu aspek dari manajemen persediaan. Pengklasifikasian ini bertujuan untuk mengetahui prioritas tiap kelompok item persediaan agar dapat menerapkan strategi pengelolaan persediaan yang sesuai dengan yang sudah ada. PT. Istana Surya Perkasa Kantor Cabang Semua barang yang ada di inventory diperlakukan sama sehingganya tidak ada perhatian khusus untuk barang inventory mana yang lebih menghasilkan value lebih untuk perusahaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibangun Aplikasi Manajemen Persediaan Menggunakan Pendekatan Analisis ABC. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Framework CodeIgniter (CI). Metode pengerjaan perangkat lunak menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dan untuk database yang digunakan pada aplikasi ini yaitu MySQL. Aplikasi ini memiliki fungsionalitas mencatat barang masuk dan barang keluar, dapat menentukan klasifikasi barang berdasarkan nilai yang dimiliki menggunakan Analisis ABC, dapat mengetahui status persediaan yang kurang dari jumlah minimum persediaaan, dan dapat menampilkan catatan akuntansi. Metode yang digunakan untuk menguji aplikasi ini yaitu Black Box Testing. Kata Kunci: Manajemen Persediaan, Analisis ABC, Perusahaan Dagang

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Manajemen Persediaan Menggunakan Pendekatan Analisis ABC (Studi Kasus : Kantor Cabang PT. Istana Surya Perkasa, Tangerang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI ELFIRA DERRY MATHAUSYA
Perorangan
IRNA YUNIAR, ASTI WIDAYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini