COUNTER HEGEMONI MATRIARKI DALAM KELUARGA RAS KULIT HITAM (Analisis Semiotika John Fiske dalam Film Animasi Pendek Hair Love)

SECHAN RAFAYAN KHARISMA

Informasi Dasar

21.04.1277
401.41
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fenomena mengenai ras kulit hitam dalam dunia yang selalu digambarkan sebagai kaum yang terpojokkan di tepis oleh film animasi pendek. Hair Love merupakan film pendek animasi asal Amerika yang ditulis dan disutradarai oleh Matthew A. Cherry. Film pendek animasi ini digunakan oleh Matthew A. Cherry untuk merespon diskriminasi dan stereotip buruk yang terjadi pada keluarga kaum ras kulit hitam, khususnya seorang ayah Afrika-Amerika. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana counter hegemoni matriarki yang digambarkan dalam film Hair Love. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika John Fiske yang terbagi menjadi 3 level yaitu; level realitas yang terdiri dari kode tampilan, perilaku, gerakan dan ekspresi; level representasi yang terdiri dari kode kamera dan karakter; level ideologi yang ditemukan ideologi counter hegemoni terhadap matriarki. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini ditemukan terdapat sebuah ideologi counter hegemoni dan matriarki dibalik film animasi pendek ini. Counter hegemoni matriarki praktis diluncurkan dalam adegan film yang diproduksi oleh Sony Animation. Menunjukkan bahwa penolakan dominasi matriarki diciptakan untuk mendukung ayah/suami ras kulit hitam dapat mendidik dan mengasuh anaknya.

Kata Kunci: Counter Hegemoni, Matriarki, Ras Kulit Hitam, Semiotika, Film

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

COUNTER HEGEMONI MATRIARKI DALAM KELUARGA RAS KULIT HITAM (Analisis Semiotika John Fiske dalam Film Animasi Pendek Hair Love)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SECHAN RAFAYAN KHARISMA
Perorangan
Oki Achmad Ismail
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Komunikasi dan Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini