MOTIF DAN KEPUASAN PENGGUNAAN WEBSITE KESEHATAN BERBASIS COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION (Analisis Uses And Gratifications Pada Pegguna Digital Native Website Alodokter Di Wilayah Jakarta, Bandung, Dan Surabaya)

RHADIYAH TSABITA

Informasi Dasar

21.04.1040
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Seiring perkembangan teknologi, Internet juga menjadi media untuk memenuhi kebutuhan informasi kesehatan salah satunya melalui berbagai situs kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gratification sought dan gratification obtained serta discrepancy gratifications penggunaan media kesehatan pada website Alodokter dengan menggunakan kerangka teoritis Uses & Gratifications (U&G) Palmgreen dan pengembangan konseptual U&G dalam konteks kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei yang dilakukan dengan 96 responden berusia 18-40 tahun di wilayah Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui indikator dalam variabel motif (GS) dan kepuasan (GO) masuk dalam kategori sangat tinggi. Didapatkan motif (GS) tertinggi adalah mengenai kemudahan penggunaan dengan nilai rata-rata sebesar 3,55, Sedangkan motif (GS) terendah dibandingkan motif lainnya adalah mengenai kualitas konten kesehatan dalam media dengan nilai rata-rata sebesar 3,31. Kepuasan (GO) tertinggi adalah mengenai pencarian informasi kesehatan secara online dalam media dengan nilai rata-rata sebesar 3,56. Sedangkan, kepuasan (GO) terendah adalah mengenai berbagi informasi kesehatan secara online dalam media dengan nilai rata-rata sebesar 3,36. Nilai selisih motif (GS) dan kepuasan (GO) diketahui secara kesuluruhan bahwa motif dalam penelitian ini dapat terpuaskan oleh website Alodokter namun, motif penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan akan kesehatan serta pengelolaan file dan riwayat komunikasi masih belum memberikan kepuasan bagi pengguna. Kata Kunci : Motif, kepuasan, Uses and Gratifications, Ehealth, Computer Mediated Communication

Subjek

COMMUNICATION-MEDIA
 

Katalog

MOTIF DAN KEPUASAN PENGGUNAAN WEBSITE KESEHATAN BERBASIS COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION (Analisis Uses And Gratifications Pada Pegguna Digital Native Website Alodokter Di Wilayah Jakarta, Bandung, Dan Surabaya)
 
xiv, 190p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RHADIYAH TSABITA
Perorangan
Mohamad Syahriar Sugandi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini