ANALISIS / OPTIMASI BASE TRANSCEIVER STATION MULTIHOP UNTUK SISTEM KOMUNIKASI PEMANTAUAN SUNGAI CITARUM SEKTOR 6

AULIA RAHMAN

Informasi Dasar

21.04.519
621.319 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan bertambah banyak menuntut kebutuhan teknologi komunikasi yang semakin mudah dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pertukaran informasi. Dimasa pandemi ini juga pemerintah Jawa Barat khususnya di daerah proyek nasional Citarum Harum Sektor 6 membuat berbagai program untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat. Oleh karena itu perlu dirancang sebuah sistem komunikasi BTS Multihop untuk menunjangnya.

Pengerjaan tugas akhir dilakukan dari tahapan melakukan perencanaan jaringan akses WiFi 802.11ac. Dalam perencanaan jaringan akses terdapat dua jenis perencanaan yaitu Capacity planning dan Coverage Planning. Coverage Planning meliputi perhitungan path loss link budget, Receive Signal Stregth Indicator (RSSI), Signal to Interference Noise Ratio (SINR). Perencanaan yang kedua adalah perencanaan jaringan backhaul dalam tugas akhir kali ini jaringan backhaul yang dimaksud adalah untuk menghubungkan antar BTS, sehingga BTS dapat secara optimal melayani pengguna. Perencanaan backhaul dimulai setelah perencanaan jaringan akses selesai dilakukan, perencanaan jaringan backhaul dilakukan perhitungan link budget seperti perhitungan Line Of Sight (LOS) ,Fresnel Zone ,Free Space Loss (FSL), Effective Isotropic Radiated Power (EIRP), Receive Signal Level (RSL), Fading Margin, Nilai Quality Objective dan Availability.

Pada Hasil Perencanaan menggunakan unlicensed spectrum ISM band 2.4 GHz dapat mengakomodasi daerah Citarum Sektor 6 dengan baik, Nilai RSSI yang didapatkan dari simulasi adalah rata-rata berada pada kondisi baik dan normal -40 s/d -80 dBm, sedangkan SINR berada pada kondisi baik dan normal 1 s/d 30 dB. Sedangkan perencanaan backhaul yang diperoleh rata-rata nilai daya terima >-79 dan availability 99,999% untuk link dengan jarak <1 km. sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa backhaul berbasis WiFi dapat bekerja dengan optimal untuk menghubungkan jaringan WiFi di daerah Citarum Sektor 6.

Kata kunci : WiFi, Citarum, Unlicensed , ISM band, Multihop.

Subjek

TELECOMMUNICATION NETWORKS: NETWORKING-ARCHITECTURE
 

Katalog

ANALISIS / OPTIMASI BASE TRANSCEIVER STATION MULTIHOP UNTUK SISTEM KOMUNIKASI PEMANTAUAN SUNGAI CITARUM SEKTOR 6
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA RAHMAN
Perorangan
Rina Pudji Astuti, Trasma Yunita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini