PENGARUH FINANCIAL ATTITUDE, FINANCIAL KNOWLEDGE, DAN PARENTAL INCOME TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR (Objek Studi: Mahasiswa di Provinsi Jawa Barat)

ANINDITYA SANTIKO WIBOWO

Informasi Dasar

21.04.311
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Generasi muda yang termasuk di antaranya mahasiswa Indonesia belum memiliki kemampuan megelola keuangan yang baik. Keadaan tersebut dikarenakan tingkat konsumtif yang cukup tinggi. Tingkat konsumtif dapat terjadi karena rendahnya tingkat pengetahuan keuangan yang ditunjukkan melalui sikap keuangan yang tidak baik. Padahal banyak mahasiswa yang mengandalkan uang saku dari orang tua untuk memenuhi segala bentuk konsumtif yang mereka miliki. Untuk itu mahasiswa harus meningkatkan pengetahuan keuangan agar dapat menentukan sikap keuangan yang baik dalam perilaku manajemen keuangan pribadi degan mempertimbangkan hasil penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap keuangan, pengetahuan keuangan, dan pendapatan orang tua terhadap perilaku manajemen keuangan pribadi pada mahasiswa baik secara parsial maupun simultan. Melihat tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif sebagai metode untuk mencapai tujuan penelitian. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 400 orang mahasiswa di Provinsi Jawa Barat. Metode statistik yang digunakan adalah uji t untuk menguji bagaimana pengaruh tiap-tiap variabel bebas terhadap variabel terikat dan uji F untuk menguji bagaimana pengaruh variabel independen secara bersama-sama terhadap variabel dependen. Penelitian ini juga menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengukur intensitas hubungan antara variabel independen dan dependen. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara financial attitude, financial knowledge, dan parental income terhadap financial management behavior. Secara individu, financial attitude dan financial knowledge memiliki pengaruh yang signifikan terhadap financial management behavior pada mahasiswa di Provinsi Jawa Barat. Namun, parental income tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap financial management behavior pada mahasiswa di Provinsi Jawa Barat. Kata Kunci : Perilaku Manajemen Keuangan Pribadi, Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Pendapatan Orang Tua

Subjek

KEUANGAN
 

Katalog

PENGARUH FINANCIAL ATTITUDE, FINANCIAL KNOWLEDGE, DAN PARENTAL INCOME TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR (Objek Studi: Mahasiswa di Provinsi Jawa Barat)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANINDITYA SANTIKO WIBOWO
Perorangan
Andrieta Shintia Dewi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini