Identifikasi Strategi Sustainable Development Goals Center di Lingkungan Perguruan Tinggi Negeri (Studi Kasus di Institut Teknologi Bandung)

NOVINDA BAHNIAR PUTERI

Informasi Dasar

21.05.001
C
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Perguruan Tinggi memiliki peran penting untuk mencapai Sustainable Development Goals 2030 (SDGs 2030) sebagai tempat mendidik sumber daya manusia yang memiliki pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pandangan Mahasiswa terhadap Sustainable Development Goals Center (SDGs Center) yang dibuat oleh BAPPENAS (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) di Institut Teknologi Bandung (ITB). Melalui pendekatan mixed method, penelitian ini mengidentifikasi perspektif perwakilan Mahasiswa ITB yakni Presiden Mahasiswa dan Kepala Kementrian Komunikasi Kreatif dan Informasi KM ITB, serta melalui kuesioner yang diisi oleh Mahasiswa ITB.

Institut Teknologi Bandung memiliki enam tujuan SDGs 2030 yang menjadi fokus SDGs Center. Penelitian ini berfokus pada SDG 4 “Quality Education” yang selaras dengan fokus BAPPENAS yang dijabarkan pada Voluntary National Reviews 2019, dan kedudukan Institut Teknologi Bandung sebagai institusi pendidikan formal. Penelitian ini penting dilakukan untuk memberikan suatu gambaran dan masukan bagi SDGs Center lain, maupun Perguruan Tinggi yang belum memiliki SDGs Center, serta dalam rangka mengawal SDGs Center yang berkontribusi untuk dapat mencapai SDGs 2030.

Mahasiswa menyatakan bahwa Quality Education adalah hal yang sangat penting di ITB. Terlihat dari bagaimana organisasi Mahasiswa dan ITB yang memiliki program dalam mempersiapkan hal tersebut. Namun, program ataupun tugas pokok dan fungsi yang dimiliki SDGs Center ITB dinilai belum terlihat. Pandangan Mahasiswa yang diidentifikasi memberikan hasil bahwa SDGs Center ITB masih belum memiliki belum memiliki wujud nyata bagi Mahasiswa ITB, serta diharapkan bahwa SDGs Center ITB lebih banyak melibatkan Mahasiswa untuk berkontribusi mencapai SDGs 2030 bersama.

Kata Kunci: SDGs 2030, Perguruan Tinggi, SDGs Center, Mahasiswa, ITB

Subjek

THESIS
 

Katalog

Identifikasi Strategi Sustainable Development Goals Center di Lingkungan Perguruan Tinggi Negeri (Studi Kasus di Institut Teknologi Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVINDA BAHNIAR PUTERI
Perorangan
Ratna Lindawati Lubis
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini