Agama untuk Peradaban membumi etos agama dalam peradaban

Komaruddin Hidayat

Informasi Dasar

20.21.2047
297.5
Buku - Elektronik (E-Book)

Agama merupakan elemen penting yang melahirkan peradaban sekaligus menjadi pilar utama penyangganya. Hampir tak ada peradaban besar di dunia lepas dari peran dan pengaruh agama. Agama menjadi sumber inspirasi, fondasi, nilai, maupun etos yang menjaga keberlangsungan peradaban. Namun, tak dipungkiri bahwa agama juga kerap menjadi sumber malapetaka yang menghancurkan peradaban. Di sini, agama kehilangan substansinya sebagai kekuatan moral, intelektual, sosial, dan etik karena terbawa arus dan terjebak dalam kepentingan praktis komunal dan sektarian.

Melalui buku ini, Komaruddin Hidayat meletakkan fungsi dan peran agama di tempat yang selayaknya, sekaligus meresapkan nilai-nilai dan etos agama dalam wacana sosial, politik, dan pendidikan mutakhir. Agama dibumikan menjadi daya penggerak, pendorong dan elan vital kemajuan. Harapannya, agama dapat tetap menjadi suluh bagi peradaban.

Dengan narasi yang mengalir, ulasan rileks tetapi mendalam dan berbobot, serta menyorot tema-tema aktual dan kontekstual, buku yang merupakan kumpulan esai-esai kritis nan bernas ini sangat menggugah hati dan mencerahkan pikiran.

Subjek

ISLAM ETHICS
 

Katalog

Agama untuk Peradaban membumi etos agama dalam peradaban
9786232200364
367p.: pdf file.; 2 MB
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Komaruddin Hidayat
Perorangan
 
 

Penerbit

Alvabet
Jakarta
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DU1012 - AGAMA ISLAM

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini