Aplikasi Berbasis Web Untuk Pencatatan Pengeluaran Kas Menggunakan Metode Basis Akrual, Jurnal Umum, Dan Ekuitas Pemilik (Studi Kasus: RA Bahrul Ilmi, Kabupaten Bandung)

SANTI HAZTANIA

Informasi Dasar

20.06.525
657
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

RA Bahrul Ilmi merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang berada langsung dibawah naungan Kementerian Agama dan dikelola oleh Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA). Dalam pengelolaan keuangan sekolah, RA Bahrul Ilmi dibantu oleh seorang bendahara yang bertanggung jawab untuk mengelola keuangan sekolah seperti mencatat transaksi masuk dan transaksi keluar baik transaksi tunai atau pun non-tunai kedalam buku Pengeluaran Kas dan Penerimaan Kas. Pengeluaran kas dan penerimaan kas akan dijumlahkan dan dicatat kedalam buku Jurnal Umum setiap tahunnya. Akan tetapi, jurnal umum yang disediakan RA Bahrul Ilmi ini, merupakan jurnal umum yang belum mengimplementasikan standar akuntansi keuangan. Dimana hal tersebut dapat mempersulit proses posting kedalam buku besar, karena transaksi yang dicatat didalam jurnal hanya mencakup penerimaan dan pengeluaran kas saja sebagai upaya dalam mengetahui nilai keuntungan yang diperoleh. Maka dari itu dibangun aplikasi berbasis web yang dapat mengelola pengeluaran kas, jurnal umum, dan kartu ekuitas pemilik untuk mengatasi permasalahan tersebut. Aplikasi dibangun dengan metode berorientasi objek dan pengembangan model SDLC serta menggunakan Bahasa pemrograman PHP, Framework CodeIgniter dengan melakukan sistem pengujian menggunakan pengujian manual, pengujian aplikasi dan pengujian Blackbox. Aplikasi ini memiliki fungsionalitas untuk pencatatan atas pengeluaran kas, pengeluaran dana BOP, pengeluaran beban, pengeluaran dana bank, dan prive pemilik. Aplikasi ini juga menghasilkan jurnal umum, buku besar, laporan pengeluaran kas, pengeluaran bank, dan kartu ekuitas pemilik. Kata Kunci : Pengeluaran Kas, Pengeluaran Dana BOP, Pengeluaran Beban, Pengeluaran Dana Bank, Prive pemilik, Framework, CodeIgniter, Pengujian Manual, Pengujian Aplikasi, Pengujian Blackbox

Subjek

ACCOUNTING APPLICATION
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web Untuk Pencatatan Pengeluaran Kas Menggunakan Metode Basis Akrual, Jurnal Umum, Dan Ekuitas Pemilik (Studi Kasus: RA Bahrul Ilmi, Kabupaten Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SANTI HAZTANIA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini