PENGARUH KUALITAS ASET PRODUKTIF TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS 10 BANK UMUM DENGAN ASET TERBESAR PADA TAHUN 2007-2011)

Hirawan Wibisana

Informasi Dasar

13.04.264
332.66
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aset produktif merupakan aset yang dimiliki oleh bank yang penggunaannya dilakukan dengan cara penanaman dana kepada para pelaku ekonomi dan masyarakat. Dalam menjalankan kegiatan penanaman dana, aset produktif dapat menggambarkan kinerja bank, selain itu aset produktif juga berdampak pada tingkat profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kualitas asset produktif dan return on asset pada sepuluh bank umum yang menguasai asset terbesar di Indonesia tahun 2007 – 2011, mengetahui aset produktif yang terdiri dari kredit, surat berharga, penempatan pada bank lain, dan penyertaan modal terhadap ROA secara simultan pada sepuluh bank yang menguasai aset terbesar di Indonesia tahun 2007-2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif-kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 18. Uji asumsi klasik yang dilakukan meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji hetereskedastisitas, dan uji autokorelasi. Dari hasil pengujian secara simultan dapat disimpulkan bahwa variabel X (Kualitas Kredit (KR), Kualitas Surat Berharga (SB), Kualitas Penempatan (PN) dan Penyertaan Modal (PM)) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (ROA). Kualitas Kredit (KR) secara parsial memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel ROA (Y). Variabel Kualitas Penempatan (PN) secara parsial pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel ROA (Y). Variabel Penyertaan Modal (PM) secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel ROA (Y).

Kata Kunci : Kualitas Kredit, Kualitas Surat Berharga, Kualitas Penempatan, Kualitas Penyertaan Modal, Return On Asset

Subjek

INVESTMENT BANKS
EARNINGS, ASSETS, PROFITABILITY-BANK

Katalog

PENGARUH KUALITAS ASET PRODUKTIF TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS 10 BANK UMUM DENGAN ASET TERBESAR PADA TAHUN 2007-2011)
 
xi, 88p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Hirawan Wibisana
Perorangan
Venti Yustianti Martina
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] MBTI, Institut Manajemen TELKOM
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini