Aplikasi Berbasis Web Untuk Pengelolaan Pengeluaran Kas Menggunakan Metode Basis Akrual (Studi Kasus: Kompleks Bumi Rancaekek Kencana, Kabupaten Bandung)

MUHAMAD NURDIANSYAH

Informasi Dasar

20.06.442
657.0285
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Rukun Tetangga (RT) merupakan suatu lembaga kemasyarakatan di indonesia yang sudah di atur dan disahkan negara berdasarkan daerah di desa atau di kota. Pembentukan lembaga tersebut bertujuan agar meningkatkan kesejahteraan, pelayanan, peranan, dan partisipasi masyarakat untuk memahami kondisi dan permasalahan yang dihadapi masyarakat dilingkungannya. Dengan adanya RT diharapkan mampu membantu pemerintah dalam melaksanakan pelayanan secara maksimal, salah satu bentuk pelayanan yang diberikan yaitu pembuatan surat pengantar. Yang digunakan untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), tanpa adanya surat pengantar tersebut warga tidak bisa membuat KTP ataupun Kartu Keluarga (KK). Tidak hanya itu, ada beberapa tugas dan tanggung jawab RT yaitu, mengelola keuangan mulai dari penerimaan hingga pengeluaran serta laporan keuangan. Kemudian untuk memaksimalkan pengelolaan keuangan maka diperlukan sebuah sistem yang dapat menangani hal tersebut. Aplikasi dibangun menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan framework CodeIgniter. Proses pengembangan menggunakan Software Development Life Cycle (SDLC). Pengujian untuk semua fungsionalitas menggunakan metode black-box testing. Berdasarkan pengujian black-box testing, dapat disimpulkan bahwa aplikasi mampu melakukan pengelolaan keuangan yang digolongkan berdasarkan sumber dana yang diterima. Sumber dana tersebut meliputi dana yang berasal dari warga (iuran/sumbangan) dan pemerintah (sumbangan/bantuan), serta penggunaan dana berdasarkan sumber dana yang telah di tentukan, menampilkan laporan pembelian serta catatan akuntansi berupa jurnal dan buku besar. Kata Kunci: RT, Pengelolaan, PHP, CodeIgniter, SDLC

Subjek

ACCOUNTING COMPUTER PROGRAMS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web Untuk Pengelolaan Pengeluaran Kas Menggunakan Metode Basis Akrual (Studi Kasus: Kompleks Bumi Rancaekek Kencana, Kabupaten Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD NURDIANSYAH
Perorangan
Kastaman, Raswyshnoe Boing Kotjoprayudi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini