APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE HARGA POKOK PESANAN (STUDI KASUS: KONVEKSI BMS.CO, KEDIRI)

VELYA NOVITA PUTRI I. S

Informasi Dasar

20.06.439
657.0285
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Konveksi BMS.CO merupakan salah satu perusahaan manufaktur dibidang usaha pembuatan pakaian seperti kaos polos, kaos sablon, jersey, kemeja, dan topi. Perusahaan konveksi ini dijalankan oleh Ilham Saputro dan beralamat di Desa Kencong, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Usaha yang bergerak di bidang konveksi ini mulai dirintis tahun 2017. Konveksi BMS.CO masih melakukan seluruh transaksi secara manual yaitu dengan menuliskan transaksinya pada nota dan dipindahkan ke buku. Pencatatan keuangan yang terjadi di konveksi tidak mengikuti metode pencatatan akuntansi, sehingga pencatatannya masih tidak beraturan. Konveksi BMS.CO menghitung biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead secara manual sedangkan produksi dilakukan setiap hari. Pencatatan manual akan menyebabkan tidak efektif dalam pemeriksaan dan perekapan data karena harus membuka buku transaksi. Perhitungan pesanan untuk menentukan harga dengan cara taksiran dapat menimbulkan kerugian karena salah taksiran. Maka dari itu, diperlukan adanya sebuah sistem informasi yang bertujuan untuk menghitung harga pokok produksi dengan metode harga pokok pesanan yang dapat mengelola biaya produksi, mengelola pembelian bahan baku, menghasilkan jurnal dan buku besar, menghasilkan kartu harga pokok pesanan, dan menghasilkan laporan harga pokok produksi. Laporan harga pokok produksi menyediakan informasi tentang biaya produksi yang terjadi di Konveksi BMS.CO dalam satu periode. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode prototype, untuk membangun aplikasi, aplikasi yang dibutuhkan yaitu PHP, codeigniter, MySQL. Perancangan yang digunakan dalam sistem adalah Entity Relationship Diagram, Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram, Sequance Diagram, dan BPMN (Bussines Process Modelling Nation), dan pengujian blackbox testing. Kata Kunci: harga pokok produksi;

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE HARGA POKOK PESANAN (STUDI KASUS: KONVEKSI BMS.CO, KEDIRI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VELYA NOVITA PUTRI I. S
Perorangan
Nelsi Wisna, Monterico Adrian
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini