ANALISIS FINANCIAL DISTRESS MENGGUNAKAN ANALISIS SURVIVAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia dan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indoneisa (BEI) Tahun 2009-2018)

KOMANG RIDHA PRANITA

Informasi Dasar

20.04.3342
332
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kondisi keuangan cenderung mengalami fluktuasi dapat disebabkan karena faktor internal ataupun eksternal bagi perusahaan yang dapat berdampak pada laba yang diperoleh perusahaan. Maka dari itu, perusahaan perlu mempertahankan kondisi perusahaan agar keberlangsungan perusahaan stabil sehingga terhindar dari kesulitan keuangan (financial distress). Financial distress merupakan kondisi keuangan yang menurun yang dihadapi bagi perusahaan sehingga berdampak tidak dapat melunasi kewajibannya. Jika kondisi keuangan tetap memburuk dapat diduga perusahaan akan mengalami kebangkrutan. Tujuan penelitian ini untuk meneliti hubungan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen ialah financial distress. Objek yang digunakan yaitu perusahaan sektor industri dasar dan kimia dan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2009-2018. Pada pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan ditarik sampel menjadi 63 sampel perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis survival dengan metode Cox Proportional Hazard dan uji hipotesis serta uji statistik. Hasil pengujian secara simultan, likuiditas, leverage, salesgrowth, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional memiliki pengaruh dengan signifikan terhadap financial distress. Hasil pengujian secara parsial, salesgrowth dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap financial distress dengan arah negatif signifikan, kepemilikan institusional memiliki pengaruh terhadap financial distress dengan arah positif. Sementara likuiditas, leverage, dan kepemilikan manajerial tidak memiliki pengaruh terhadap financial distress. Saran bagi peneliti selajutnya, diharapkan dapat menggunakan variabel lain selain variabel pada penelitian seperti operating profit margin, korupsi, konsentrasi komisaris dan direksi, karena untuk mengetahui variabel apa saja yang dapat mempengaruhi financial distress dan dapat menggunakan objek penelitiaan sektor lain di BEI atau lembaga lainnya. Kata Kunci: Analisis Survival; Financial Distress; Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional; Likuiditas; Leverage; Salesgrowth; Ukuran Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

ANALISIS FINANCIAL DISTRESS MENGGUNAKAN ANALISIS SURVIVAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia dan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indoneisa (BEI) Tahun 2009-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KOMANG RIDHA PRANITA
Perorangan
Farida Titik Kristanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini