PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP SOCIAL DISCLOSURE (Studi Empiris Pada Emiten SRI-KEHATI Periode Tahun 2009-2011)

JUWITA ASHADINA

Informasi Dasar

13.04.214
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Keberadaan perusahaan tidak dapat dilepaskan dengan peran stakeholder baik internal seperti: pemegang saham dan karyawan, maupun eksternal seperti: kreditor, masyarakat, lingkungan, konsumen, pemerintah, lembaga dan pemasok. Keterlibatan stakeholders mendorong perusahaan untuk memberikan informasi secara luas dan transparan, mengenai aktivitas bisnis perusahaan termasuk aktivitas sosialnya melalui social disclosure. Saat ini, belum terdapat regulasi mengenai standar social disclosure untuk perusahaan, sehingga berpotensi menimbulkan keragaman pada tingkat keluasan pengungkapannya. 
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan terhadap social disclosure pada emiten yang terdaftar di indeks SRI-KEHATI periode 2009-2011. Dalam penelitian ini, karakteristik perusahaan yang dianalisis sebagai variabel yang dapat mempengaruhi tingkat social disclosure adalah ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas.
 Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah emiten yang terdaftar pada indeks SRI-KEHATI periode tahun 2009 hingga 2011, dengan sampel sebanyak 18 emiten yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Jenis data yang dikumpulkan dan digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder melalui studi dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang telah melalui pengujian asumsi klasik.
 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen, meliputi ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas berpengaruh secara simultan terhadap social disclosure. Sementara itu, hanya variabel leverage yang berpengaruh secara parsial terhadap social disclosure. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa koefisien determinasi R Square adalah sebesar 44,5% yang berarti semua variabel independen mampu menjelaskan variasi dari variabel dependen yaitu social disclosure. 

Keywords: social disclosure, ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas.

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
SOCIAL DISCLOSURE

Katalog

PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP SOCIAL DISCLOSURE (Studi Empiris Pada Emiten SRI-KEHATI Periode Tahun 2009-2011)
 
xiii, 98p.: il.; 21,5 cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JUWITA ASHADINA
Perorangan
WILLY SRI YULIANDARI
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Akuntansi, Institut Manajemen Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini