Aplikasi Estimasi Kebutuhan Bahan Dengan Pendekatan Seasonal Variation (Studi Kasus : Toko Oleh-Oleh Bandung, Chika Cemerlang)

YANA RAHMATIKA

Informasi Dasar

20.06.352
657.0285
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Chika Cemerlang merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam penjualan makanan. Chika Cemerlang melakukan kegiatan pemesanan penjualan dan pembelian bahan untuk penjualan. Pada proses pencatatan transaksi pemesanan penjualan dan pembelian bahan di Chika Cemerlang masih manual, pencatatan transaksi dilakukan setiap hari. Untuk pembelian kebutuhan bahan dilakukan berdasarkan dari permintaan konsumen, dan pada bulan tertentu sering terjadi peningkatan permintaan, sehingga menimbulkan masalah untuk mengestimasikan pada bulan selanjutnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, dalam penelitian ini mengusulkan untuk membuat suatu aplikasi untuk estimasi pengadaan kebutuhan bahan dengan metode seasonal variation. Seasonal variation merupakan variasi dari variabel perkiraan yang berkaitan dengan waktu dalam setahun. Aplikasi ini dibangun menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC), bahasa pemograman PHP dan framework CI dan pengelolaan basis data menggunakan MySql. Fungsionalitas berjalan sesuai dengan yang diharapkan setelah dilakukan pengujian dengan membandingkan perhitungan manual dengan perhitungan pada aplikasi dan diujikan dengan black box testing. Setelah diimplementasikan, aplikasi ini mampu untuk mencatat setiap transaksi, mengestimasikan kebutuhan bahan dengan metode seasonal variation, mengelola jurnal umum, dan buku besar.

Kata Kunci : Pengadaan, Kebutuhan Bahan, Estimasi, Seasonal Variation, Framework CI

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Estimasi Kebutuhan Bahan Dengan Pendekatan Seasonal Variation (Studi Kasus : Toko Oleh-Oleh Bandung, Chika Cemerlang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YANA RAHMATIKA
Perorangan
Asti Widayanti, Irna Yuniar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini