PENGARUH AUDIT TENURE, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KOMISARIS INDEPENDEN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Perusahaan Sub Sektor Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2019)

AGUSTINA TRI DAMAYANTI

Informasi Dasar

20.04.2918
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Integritas laporan keuangan adalah suatu kondisi dimana informasi dalam laporan keuangan disajikan secara wajar dan tidak bias, secara jujur menyajikan apa yang dimaksudkan untuk dinyatakan. Informasi dalam laporan keuangan harus dapat dipahami oleh para pengguna serta memenuhi karakteristik kualitatif informasi akuntansi yang dibagi menjadi dua yaitu kualitas utama, terdiri dari relevance dan faithful representation serta kualitas pendukung yang terdiri dari comparability, verifiability, timeliness dan understandable. Di Indonesia pada saat ini terjadi berbagai kasus manipulasi laporan keuangan karena rendahnya integritas laporan keuangan sehingga laporan keuangan yang disajikan tidak menunjukan kondisi laporan keuangan yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh audit tenure, kepemilikan institusional, komisaris independen, dan ukuran perusahaan terhadap integritas laporan keuangan pada sub sektor Asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2019. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sebanyak 66 perusahaan dalam kurun waktu 6 tahun. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 10. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil secara simultan bahwa audit tenure, kepemilikan institusional, komisaris independen, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Sedangkan secara parsial variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap integritas laporan keuangan. Lalu variabel kepemilikan institusional berpengaruh secara negatif terhadap integritas laporan keuangan. Kemudianvariabel audit tenure dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan.

Kata Kunci: Audit Tenure, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan, Integritas Laporan Keuangan.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH AUDIT TENURE, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KOMISARIS INDEPENDEN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Perusahaan Sub Sektor Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGUSTINA TRI DAMAYANTI
Perorangan
DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini