ANALISIS FAKTOR PENGARUH PERILAKU PENGGUNA DALAM MENGADOPSI DAN NIAT MEREKOMENDASIKAN TEKNOLOGI MOBILE PAYMENT GO-PAY DI KOTA BANDUNG

ANANDHA DWI ALFIANA

Informasi Dasar

20.04.1688
600
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Financial technology saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat dikarenakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga berkembang cepat. Salah satu jenis dari financial technology adalah mobile payment dan salah satu layanan mobile payment yang sedang tumbuh di Indonesia ialah Go-Pay dari perusahaan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa.

Financial technology merupakan kombinasi antara layanan keuangan dengan teknologi. Saat ini, sudah banyak berbagai jenis financial yang ditawarkan dipasaran. Pada penelitian ini, varibel yang digunakan adalah performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, price value, compatibility, innovativeness dan perceived technology security. Varibel dependen yang digunakan adalah behavioral intention to adopt dan behavioral intention to recommend.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penentu utama adopsi mobile payment dan niat untuk merekomendasikan dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2), diffusion of innovation, perceived technology security dan intention behavior.

Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sample 400 responden dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah structural equation modeling (SEM). Parameter model struktural yang digunakan adalah uji R-square, Q-square dan t-statistic.

Penelitian ini menunjukan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh positif terhadap variabel dependen. Variabel compatibility, facilitating conditions, hedonic motivation, dan innovativeness memiliki pengaruh signifikan terhadap behavioral intention to adopt sedangkan performance expectancy, effort expectancy, social influence, price value, dan perceived technology security tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap behavioral intention to adopt.

Kata Kunci: financial technology, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2), diffusion of innovation, perceived technology security, intention behavior, structutal equation modeling (SEM)

Subjek

FINANCE-TECHNOLOGICAL INNOVATIONS
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR PENGARUH PERILAKU PENGGUNA DALAM MENGADOPSI DAN NIAT MEREKOMENDASIKAN TEKNOLOGI MOBILE PAYMENT GO-PAY DI KOTA BANDUNG
 
xi, 153p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANANDHA DWI ALFIANA
Perorangan
BRADY RIKUMAHU
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini