PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE, KEPEMILIKAN PUBLIK, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP INCOME SMOOTHING (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Termasuk Dalam Indeks LQ45 Tahun 2014-2018)

HENDRY CHRISTIAN

Informasi Dasar

20.04.1571
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perataan laba (income smoothing) merupakan pola manajemen laba yang dilakukan perusahaan dengan cara meratakan laba yang dilaporkan sehingga dapat mengurangi fluktuasi laba yang terlalu besar karena pada umumnya investor menyukai laba yang relatif stabil. Perusahaan yang memiliki laba yang stabil menggambarkan bahwa perusahaan tersebut memiliki kelangsungan hidup yang baik. Hal inilah yang mendorong perusahaan untuk melakukan praktik income smoothing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara simultan dan parsial antara financial leverage, kepemilikan publik, dan komite audit terhadap income smoothing pada perusahaan yang termasuk dalam Indeks LQ45 tahun 2014-2018. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang memperoleh 19 sampel penelitian dengan periode pengamatan selama 5 tahun, sehingga didapat 95 unit sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan software IBM SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa financial leverage, kepemilikan publik, dan komite audit secara simultan berpengaruh terhadap income smoothing. Sedangkan, secara parsial, kepemilikan publik berpengaruh positif terhadap income smoothing. Sementara variabel financial leverage yang diproksikan dengan debt to equity ratio (DER) dan komite audit tidak berpengaruh terhadap income smoothing.

Kata Kunci: financial leverage, income smoothing, kepemilikan publik, komite audit

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE, KEPEMILIKAN PUBLIK, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP INCOME SMOOTHING (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Termasuk Dalam Indeks LQ45 Tahun 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENDRY CHRISTIAN
Perorangan
ELLY SURYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini