Pengaruh Work-Life Balance dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT Telkom Divisi Telkom Regional III Jawa Barat

GHINAYATI RODHIYATU ALIYA

Informasi Dasar

20.04.1305
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Karyawan merupakan sumber daya utama dalam sebuah perusahaan. Karyawan tentunya harus dipenuhi kebutuhannya agar karyawan dapat memberikan timbal balik yang baik kepada perusahaan. Agar tercipta timbal balik yang baik, salah satu hal yang harus diperhatikan perusahaan adalah kepuasan kerja. karena kepuasan kerja merupakan tolok ukur perasaan karyawan terhadap pekerjaan dan perusahaannya. Kepuasan kerja sedang menjadi tren karena anggapan bahwa kepuasan kerja berbanding lurus dengan kepuasan pelanggan, dimana hal utama yang harus dilakukan adalah memuaskan karyawan terlebih dahulu agar pelanggan juga puas. Untuk terciptanya karyawan yang puas akan pekerjaannya, ada beberapa faktor diantaranya adalah work-life balance dan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan work-life balance, lingkungan kerja, dan kepuasan kerja karyawan pada PT Telkom Divisi Telkom Regional III Jawa Barat.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode anlisis deskriptif dengan menggunakan sampel yang diambil secara accidental sampling dengan jumlah 70 responden yang terdiri dari karyawan PT Telkom Divisi Telkom Regional III Jawa Barat. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS ver. 22.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa work-life balance termasuk ke dalam kategori sangat baik, sedangkan lingkungan kerja dan kepuasan kerja termasuk ke dalam kategori baik. Hasil uji regresi linier menunjukkan bahwa work-life balance dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja baik secara parsial maupun simultan. Work-life balance dan lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan sebesar 57,5% dan sisanya sebesar 42,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Work-Life Balance, Lingkungan Kerja, Sumber Daya Manusia

Subjek

Human resource management
 

Katalog

Pengaruh Work-Life Balance dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT Telkom Divisi Telkom Regional III Jawa Barat
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHINAYATI RODHIYATU ALIYA
Perorangan
ROMAT SARAGIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini