SISTEM NILAI FALSAFAH JAWATENTANG PEREMPUAN DALAM FILM OPERA JAWAKARYA GARIN NUGROHO(Analisis Semiotika Roland Barthes dalam HubunganSuami Istri melalui tokoh “Siti”)

AISYAH

Informasi Dasar

12.04.654
303.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika untuk menganalisis objek yang diteliti. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Roland yaitu ‘The Second Order Signification’. Deskripsi mengenai perempuan Jawa pada Film Opera Jawa karya Garin Nugroho dianalisis pada tataran sistem penandaan pertama yang memunculkan makna denotasi, tataran sistem penandaan kedua yang memunculkan makna konotasi serta pada tataran mitos dan ideologi yang terkandung dalam Film Opera Jawa. Pada tataran denotasi, perempuan Jawa dalam film Opera Jawa digambarkan sebagai perempuan yang setia dan patuh pada suaminya. Sedangkan pada tataran konotasi, banyak makna-makna yang muncul yang berakar dari mitos seperti keberadaan Dewi Sri dalam kepercayaan masyarakat Jawa yang dipercaya sebagai lambang kesuburan. Hal ini menimbulkan makna mengenai kedudukan perempuan Jawa dalam sebuah kehidupan rumah tangga yang ternyata memegang peranan penting. Kekuatan perempuan tampak lewat kesetiaan mereka terhadap suami, mengurus dan mengatur rumah. Perempuan adalah lambang kesuburan atau kemakmuran dalam keluarga

Keywords: Film, Semiotika, Roland Barthes

Subjek

VALUES
SOCIAL NORMS, MASS MEDIA-FILM

Katalog

SISTEM NILAI FALSAFAH JAWATENTANG PEREMPUAN DALAM FILM OPERA JAWAKARYA GARIN NUGROHO(Analisis Semiotika Roland Barthes dalam HubunganSuami Istri melalui tokoh “Siti”)
 
x, 259p.: il.; 21,5cm+ lampiran.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AISYAH
Perorangan
Reni Nuraeni
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Ilmu Komunikasi IM Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini