PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERDADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

IDHA PUTRI ARASTIKA

Informasi Dasar

20.04.839
657.833 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Memaksimalkan nilai perusahaan serta mensejahterakan pemegang saham merupakan salah satu tujuan utama dalam sebuah perusahaan. Nilai perusahaan merupakan cerminan tingkat pengembalian dari para investor. Semakin tinggi nilai perusahaan, maka akan semakin besar investor yang berinvetasi serta menanamkan modalnya dalam perusahaan tersebut.
Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh leverage, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari laporan keuangan yang di ambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di BEI tahun 2014-2018. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 8 sampel perusahaan dalam kurun waktu 5 tahun sehingga didapat 40 unit sampel perusahan sub sektor farmasi periode 2014-2018. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan Software Eviews 10.0. Hasil pengujian menunjukkan secara simultan leverage, profitabilitas, dan pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian secara parsial leverage dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan profitabilitas berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini, apabila perusahaan sub sektor farmasi menginginkan untuk meningkatkan Nilai Perusahaan, maka perusahaan perlu meningkatkan profitabilitas agar para investor tertarik untuk berinvestasi. Selain itu investor dapat mempertimbangkan faktor lain karena dalam penelitian ini variabel leverage dan pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, agar investor mendapatkan pengembalian yang besar terhadap dana investasi yang telah ditanamkan pada suatu perusahaan.

Kata Kunci: nilai perusahaan, leverage, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan. ?

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERDADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IDHA PUTRI ARASTIKA
Perorangan
KHAIRUNNISA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini