ANALISIS KESENJANGAN KOMPETENSI DIGIAL ANTAR KELOMPOK GENERASI PEGAWAI BANK "X" DI KOTA BANDUNG

VINA MENTARI FAJRIANI

Informasi Dasar

19.05.094
658.3
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Dengan adanya era digital saat ini, Setiap perusahaan memerlukan strategi untuk dapat terus bertahan, tidak terkecuali industri perbankan. Bank “X” memiliki digitalisasi yang cukup bersaing, dengan banyaknya aplikasi dan fiut untuk karyawan maupun nasabah. Aplikasi Clic salah satunya, namun belum seluruh pegawai memanfaatkan aplikasi tersebut dengan cepat dan tepat. Dari berbagai generasi yang ada diperusahaan, peneliti bermaksud untuk melihat bagaimana kesenjangan antar generasi memengaruhi kompetensi digital karyawan di Bank “X” Area Asia Afrika Bandung.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengidentifikasi dan menganalisis kondisi kompetensi digital karyawan Gen X, Gen Y, dan Gen Z yang diperlukan sesuai dengan persepsi karyawan Bank “X” Area Asia Afrika Bandung. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggukanan pendekatan metode kuantitatif. Operasional Variabel penelitian ini adalah Informasi, Komunikasi, Konten Kreasi, Pengamanan, dan Penyelesaian Masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 243 karyawan.

Peneliti menemukan bahwa Kompetensi Digital Gen X Berdasarkan hasil penelitian ada dua indikator yang masih di bawah ekspektasi dan persyaratan yang ditetapkan oleh manajemen. Kompetensi Digital Gen Y berdasarkan hasil penelitian ada lima indikator yang masih di bawah ekspektasi dan persyaratan yang ditetapkan oleh manajemen. Untuk Karyawan Gen Z mengenai Kompetensi Digital terdapat lima indikator yang masih di bawah ekspektasi dan persyaratan yang ditetapkan oleh manajemen.

Secara keseluruhan kesadaran akan digitalisasi sudah dipahami oleh semua generasi, namun tidak ada salahnya apabila perusahaan memberikan pelatihan mengenai digitalisasi yang ada diperusahaan dimulai dari perangkatnya, sistemnya, cara mengakses dan menggunakannya, juga jalan keluar apabila terjadi permasalahan. Pemahaman yang sama diperlukan baik bagi existing employee maupun new employee, untuk generasi X, Y dan Z, agar dapat meminimalisir kesenjangan digital yang ada.

Kata Kunci: Kesenjangan Generasi, Gen X, Gen Y, Gen Z; Kompetensi Digital; Perbankan.

Subjek

Manajemen SDM
 

Katalog

ANALISIS KESENJANGAN KOMPETENSI DIGIAL ANTAR KELOMPOK GENERASI PEGAWAI BANK "X" DI KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VINA MENTARI FAJRIANI
Perorangan
RATRI WAHYUNINGTYAS
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini